Besok, Dokter Kandungan se-Indonesia Mogok Kerja

by
November 26th, 2013 at 11:53 am

Mojokerto (CiriCara.com) – Kasus dr Dewa Ayu Sasiary Prawani yang dituding melakukan malapraktik mendapat respon dari seluruh dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi (SpOG). Para dokter spesialis kandungan itu akan melakukan aksi solidaritas.

dokter kandungan

Ilustrasi dokter – Ist

Dokter spesialis kandungan seluruh Indonesia akan melakukan aksi mogok kerja selama satu hari pada, Rabu (27/11/2013) besok. Mereka juga akan memasang pita hitam sebagai simbol keprihatinan dalam kasus dokter Ayu.

“Bagi yang ingin bergabung berkumpul di kompleks patung Proklamasi pukul 07.00 pagi dengan memakai jas dokter dan disertai tanda pengenal dan pita hitam,” demikian isi pesan BBM yang beredar di kalangan dokter, sejak Senin (25/11/2013) kemarin.

Baca juga: Olga Syahputra Jadi Tersangka Kasus Dokter Febby.

Menurut informasi yang dihimpun, aksi mogok merupakan imbauan dari Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) dan Pengurus Besar Persatuan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (PB POGI).

Berkaitan dengan aksi mogok tersebut, Ketua POGI Komisariat Kota dan Kabupaten Mojokerto M.N. Akbar membenarkan bahwa pihaknya juga akan melakukan aksi mogok. Mereka tidak akan menerima pasien selama aksi mogok tersebut kecuali untuk pasien darurat.

“Besok semua dokter SpOG dan poli kandungan tidak melayani praktik sehari kecuali untuk emergencey,” kata Akbar, seperti dikutip dari Tempo.co, Selasa (26/11/2013).

Pengurus POGI berharap agar aksi solidaritas tersebut bisa menjadi dukungan moral untuk dokter Ayu. Mereka juga berharap agar Mahkamah Agung mau melakukan Peninjauan Kembali (PK) perkara hukum dokter Ayu.

Sebenarnya para dokter kandungan mengaku berat harus melakukan aksi mogok kerja. Tapi, mereka juga tidak mau jika kasus dokter Ayu itu menjadi jalan untuk memojokan para dokter yang tidak bersalah.

Usai melakukan aksi mogok seharian, pelayanan para dokter kandungan itu akan kembali berjalan normal pada Kamis, 28 November 2013.

(YG)

Comment di sini