Cara Agar Telur Rebus Mudah Dikupas

by
November 26th, 2013 at 2:11 pm

CiriCara.com – Telur rebus menjadi salah satu makanan favorit bagi sejumlah orang. Tapi, tidak semua telur rebus itu mudah dikupas dari cangkang atau kulitnya. Terkadang ada telur yang susah dikupas sehingga daging telur itu pun sampai menempel pada kulit.

telur rebus mudah dikupas

Telur mudah dikupas – Ist

Menghadapi telur rebus yang sulit dikupas memang menyebalkan. Bentuk telur rebus itu juga akan hancur karena menempel pada kulit saat dikupas. Hal ini tentu akan sangat menyebalkan, terlebih lagi jika Anda sudah tidak sabar untuk menyantapnya.

Bagi Anda yang sering mengalami kesulitan saat mengupas kulit telur rebus, jangan khawatir. Berikut ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar kulit telur rebus mudah untuk dikupas.

1. Pastikan telur terendam air

Saat akan merebus telur, siapkan panci dan masukkan telur ke dalamnya. Tambahkan air untuk merebus hingga semua bagian pada telur terendam air. Pilih telur yang segar atau baru dibeli dari pasar.

2. Merebus telur

Panaskan air dan telur tersebut dengan suhu api tinggi. Segera matikan api sebelum air benar-benar mendidih. Tutup panci dan biarkan telur tetap berada di dalam air panas untuk proses pematangan. Proses perendaman ini bisa berlangsung selama 6-10 menit.

Baca juga: Cara Merebus Telur Agar Kulitnya Tidak Retak.

telur direbus

Merebus telur – Ist

3. Gunakan air dingin

Pindahkan telur yang sudah didiamkan tadi ke dalam wadah berisi es batu/air dingin langsung dari keran. Hal ini berguna untuk mencegah telur terlalu matang. Pendinginan semacam ini juga akan membuat bentuk telur tetap sempurna saat dikupas.

4. Proses pengupasan

Kupas kulit telur rebus dengan cara bagian ujung telur diketukkan ke meja hingga kulit retak. Lepaskan kulit telur secara bertahap. Agar lebih mudah, Anda juga bisa mengupas telur di dalam air dingin.

Berikut video trik mengupas telur dengan cara profesional:

Tahapan saat merebus telur itu sangat penting agar telur yang direbus itu mudah dikupas setelah matang. Perhatikan setiap langkahnya agar telur rebus bisa matang sempurna.

(YG)

Comment di sini