Cara Agar Tidak Jadi Orang Pelupa

by
November 26th, 2013 at 10:25 am

CiriCara.com – Kemampuan otak untuk mengingat terus berkurang seiring dengan bertambahnya usia. Tak heran, banyak orang dewasa dan orang tua yang suka lupa terhadap sesuatu. Apakah Anda juga mulai menjadi seorang yang pelupa?

orang pelupa

Pelupa – Ist

Hipokampus, daerah pada otak yang berfungsi menampung ingatan akan terus kehilangan sel sarafnya sebanyak 5 persen setiap sepuluh tahun. Itu artinya setiap sepuluh tahun, kemampuan otak kita dalam hal mengingat juga akan ikut berkurang.

Meskipun demikian, para pakar berhasil mengungkap bahwa otak pada orang dewasa juga bisa ditingkatkan kemampuannya. Dengan langkah-langkah tertentu, setiap orang akan mampu meningkatkan kemampuan ingatannya.

1. Pilih makanan yang tepat

Makanan yang kaya antioksidan seperti sayur dan buah sangat cocok untuk otak. Makanan tersebut bisa mencegah kerusakan otak akibat radikal bebas. Oatmeal, gandum utuh, dan makanan yang mengandung asam lemak omega-3, juga cocok untuk otak.

Baca juga: 5 Makanan yang Bisa Meningkatkan Kecerdasan Otak.

2. Permainan otak

Permainan otak seperti puzzles, sudoku, dan teka teki silang dapat meningkatkan kemampuan mengingat pada otak. Permainan otak akan mengaktifkan hantaran rangsangan ke semua area otak, termauk ingatan. Permainan otak juga mampu menghamat penurunan kemampuan kognitif otak.

3. Tidur yang cukup

Para peneliti menganjurkan untuk tidur delapan jam atau lebih setiap harinya. Tidur hanya tiga hingga empat jam dalam sehari bisa melemahkan kemampuan mengingat pada otak.Untuk itu, segera kurangi kebiasaan begadang Anda mulai dari sekarang.

gambar otak4. Rajin olahraga

Para peneliti percaya bahwa olahraga dapat meningkatkan senyawa norepinfrin dalam otak yang mempunyai peran penting dalam pembentukan memori atau ingatan. Agar kemampuan mengingat otak tetap baik, Anda harus rajin berolahraga setiap harinya.

5. Fokus dalam satu hal

Cobalah untuk melakukan sesuatu hal secara bertahap, satu per satu. Memaksakan otak untuk bekerja secara ganda (multitasking) hanya akan membuat kemampuan otak jadi lemah. Otak akan terbebani dan mudah melupakan apa yang dilakukan sebelumnya.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda coba untuk meningkatkan kemampuan mengingat pada otak. Pola hidup yang sehat juga akan sangat berpengaruh terhadap kemampuan otak di saat hari tua nanti.

(YG)

Comment di sini