Cara Alami Membersihkan Perabot Rumah Tangga

by
November 26th, 2013 at 3:26 pm

CiriCara.com – Dalam kehidupan sehari-hari kita sering menggunakan berbagai macam pembersih untuk rumah kita seperti pembersih lantai, pencuci piring dan pakaian, dan lainnya.

Cara Membersihkan Perabot Rumah Tangga Secara Alami

Cara Membersihkan Perabot Rumah Tangga Secara Alami / Ist.

Umumnya pembersih atau bahan pencuci yang kita pakai itu mengandung bahan kimia, yang tanpa kita sadari akan meracuni bumi kita selama bertahun-tahun dan berdampak tidak baik pada kesehatan.

Karena itu, beberapa tahun belakangan ini, terutama sejak isu pemanasan global dan pelestarian lingkungan menjadi topik utama, orang-orang pun memilih bergaya hidup yang lebih ramah lingkungan. Caranya dengan mulai menggunakan produk yang berasal dari perusahaan yang telah dijamin menghasilkan produk yang ramah lingkungan atau memakai bahan-bahan alami untuk rumah mereka.

Produk pembersih berbahan alami atau ramah lingkungan dapat kita temukan di berbagai supermarket atau pusat perbelanjaan sekarang ini. Cukup dengan membaca daftar ramuan produk yang kita pilih, mencari ramuan yang berasal dari tanaman dapat diperbarui (misalnya minyak zaitun, jagung, kedelai atau kelapa) untuk pembersih.

Baca jugaCiriCara: Cara Mudah Membersihkan Rumah dan Perkakasnya

Selain itu kita juga harus perhatikan keterangan “tanpa bahan kimia”, “tanpa klorin” dan “tanpa amonia”, serta waspadai kata-kata “teruraikan secara hayati”, “alami”, “organik” dan “tak beracun”, karena belum diverifikasi oleh badan pemerintah atau pihak ketiga yang independen.

Apabila ternyata kita juga sulit menemukan bahan pembersih yang alami atau ramah lingkungan, maka tidak masalah kita masih menggunakan produk berbahan kimia yang ada di pasaran. Hanya kita harus tahu trik-triknya untuk menggunakan produk pembersih kimia dengan bijaksana dan hemat, sehingga bisa meminimalisir kemungkinan dampak hasil buangan pemakaian produk terhadap lingkungan.

Salah satu contoh, untuk pembersih pakaian misalnya, sebaiknya kita lebih memilih menggunakan pembersih berbentuk bubuk,  terutama yang dikemas dalam bentuk karton atau dus. Karena produk tersebut lebih ramah lingkungan, dengan pembungkus yang dapat terurai atau didaur ulang.

Namun apabila memang kita terpaksa menggunakan pembersih bubuk dalam keemasan plastik, karena tidak tersedia di pasaran di lingkungan tempat tinggal kita, maka gunakan yang ukuran besar sekaligus karena lebih hemat dalam pemakaian plastik.

Sedangkan apabila kita terpaksa memilih pembersih cair, kita bisa memilih pembersih cair dalam keemasan plastik yang dapat didaur ulang (dapat diidentifikasi dengan tulisan #2 pada segitiga daur ulang di bagian bawah keemasan).

Berikut ini beberapa contoh produk pembersih atau pencuci yang dapat digunakan pada perabot rumahtangga kita yang relatif mudah kita temukan di supermarket, pasar atau tukang sayur langganan kita.

Misalnya untuk membersihkan segala macam barang peralatan dapur, kita bisa menggunakan soda kue. Sedangkan apabila peralatan dapur kita berminyak dan berbau kita bisa menggunakan irisan jeruk nipis.

peralatan alami untuk membersihkan rumah tangga

peralatan alami untuk membersihkan rumah tangga / Ist.

Untuk menghilangkan bau pada pakaian, kita bisa menggunakan membubuhkan sedikit cuka pada rendaman pakaian. Cuka ini juga bisa digunakan untuk membersihkan kaca, dengan cara mencampurnya dengan air secukupnya dan menggunakan lap.

Lantai rumah yang terbuat dari tegel, ubin atau keramik, sekarang ini telah menjadi trend, terutama dengan adanya gerakan sosio histori yang menginginkan tempat tinggal masa kini tidak jauh berbeda atau menyerupai bangunan pada masa lalu atau tradisional Indonesia, yang lebih ramah lingkungan dan menampilkan seni bangunan dan kerajinan lokal yang khas.

Untuk membersihkan lantai semacam itu, kita bisa menggunakan ampas kelapa dari kelapa yang sudah diambil santannya. Tinggal digosokkan saja dan didiamkan selama beberapa menit, lalu kita bersihkan dengan cara di pel atau di lap dengan kain kering.

Untuk menghapus debu dari lantainya, kita hanya perlu menggosoknya dengan air, tanpa perlu menambahkan pewangi atau cairan pembersih. Apabila ingin sedikit wangi lantainya, kita bisa menambahkan air jeruk lemon atau minyak asiri.

Baca jugaCiriCara: Cara Tepat Membersihkan Jendela Rumah

Ingin ruangan dalam rumah kita berbau wangi alami? Caranya gampang ternyata. Kita hanya meletakkan beberapa kuntum melati dan air di ruang kita (biasanya 7-8 kuntum). Apabila tidak terlalu suka aroma bunga, kita bisa juga menggunakan minyak aromaterapi dengan berbagai macam bau, yang dapat dengan mudah kita temukan di pasaran.

Sedangkan untuk dapur yang terasa bau apek, coba menggantungkan daun seledri di dapur kita untuk aroma lebih segar. Tentunya karena bahan-bahan tersebut alami, maka akan layu dalam beberapa hari. Karena itu jangan lupa untuk menggantinya segera.

Contoh-contoh diatas hanyalah sebagian kecil dari pengetahuan lokal tentang bahan pembersih alami, yang sebenarnya dimiliki keluarga kita namun kita tidak menyadarinya. Karena itu mulai sekarang, cobalah untuk mulai bertanya-tanya pada orangtua, nenek atau kakek atau kerabat demi kehidupan yang lebih baik, yang lebih ramah lingkungan dan lebih sehat tentunya.

Comment di sini