Cara Gagalkan Tendangan Penalti Lawan

by
November 26th, 2013 at 3:22 pm

CiriCara.com – Seorang penjaga gawang atau kiper mempunyai tugas untuk menghalau semua bola yang ditendang lawan agar tidak menjadi gol. Hal terberat yang sering menjadi beban seorang kiper adalah saat laga berlanjut ke babak adu penalti.

kiper penalti

Kiper penalti – Mirror

Kegagalan kiper dalam menahan tendangan penalti bisa disebabkan sejumlah faktor. Bisa dari faktor kecepatan, keberuntungan, dan juga faktor kemampuan kiper itu sendiri. Karenanya, setiap kiper itu harus punya skill yang bagus agar bisa mempertahankan gawangnya.

Baca juga: Kiper Cetak Gol dari Jarak 89 Meter.

Bagi orang yang sering bermain sepakbola di posisi kiper tentu tidak ingin gawangnya kebobolan, sekalipun lewat tendangan penalti. Berikut cara yang bisa dicoba untuk menggagalkan tendangan penalti.

1. Melihat arah bola

Melihat arah bola adalah cara yang tepat untuk menggagalkan penalti lawan. Pengguna cara ini dituntut harus bisa bergerak cepat untuk mengimbangi kecepatan bola. Cara ini cocok digunakan kiper berpostur tubuh tinggi dan lincah seperti, Edwin van der Sar.

2. Melihat gerak kaki

Dengan melihat gerak kaki lawan, kamu akan bisa memperkirakan ke mana bola akan diarahkan. Butuh ketelitian yang tinggi untuk melakukan cara ini. Latihan secara rutin akan membuat kamu terbiasa membaca gerak kaki lawan.

3. Menebak arah bola

Cara ini mengandalkan feeling dan juga keberuntungan. Kiper hanya perlu menebak arah bola dan langsung bergerak ke arah yang dirasa benar. Dengan cara ini kiper akan dengan mudah menangkap bola berkecepatan tinggi. Tapi jika gagal, kiper akan terlihat bodoh karena tertipu.

kiper cewek4. Membaca gerak tubuh

Gerak tubuh seorang eksekutor penalti bisa menjadi petunjuk untuk kiper. Lihat gerakan tubuhnya apakah lebih condong ke kiri atau ke kanan. Dengan melihat gerak tubuh lawan, kiper akan dengan mudah mengetahui arah bola.

5. Melihat arah mata

Arah mata penendang biasanya akan melihat pada posisi yang akan dia tuju. Dengan melihat mata si penendang, maka kiper bisa dengan mudah menebak arah bola. Cara ini butuh ketelitian yang tinggi untuk bisa berhasil.

Lihat juga: Video Trik-trik Menggocek Lawan.

Menjadi seorang kiper tentu punya tanggung jawab yang besar agar gawang tidak kebobolan. Sehebat apa pun striker bola, tidak akan ada gunanya jika berhadapan dengan penjagawa gawang yang hebat.

(YG)

Comment di sini