Cara Membuat Surat Lamaran Kerja yang Benar

by
November 26th, 2013 at 11:19 am

CiriCara.com – Sebelum pergi melamar pekerjaan di sebuah perusahaan, ada baiknya persiapkan semua berkas yang diperlukan. Salah satu berkas yang wajib dibawa tentunya adalah surat lamaran kerja. Sudah tahu cara membuat surat lamaran kerja?

surat lamaran kerja

Surat lamaran kerja – Ist

Tak sedikit orang yang masih belum mengetahui cara menulis surat lamaran kerja yang baik dan benar. Padahal, surat lamaran kerja adalah awal penilaian untuk kamu agar bisa lolos dan diterima kerja di perusahaan tersebut.

Baca juga: Cara Mengirim Surat Lamaran via Email.

Agar mendapat respon yang baik dari staf HRD di perusahaan yang dilamar, tentu surat lamaran kerja yang dibuat pun harus benar. Berikut cara membuat surat lamaran kerja yang perlu kamu tahu.

1. Tulisan tangan harus jelas

Saat menulis surat lamaran kerja, tulisan tangan kamu harus jelas dan mudah dibaca. Jika tulisan tangan kamu sulit dibaca, hal ini akan membuat staf HRD kesal. Tidak menutup kemungkinan, surat lamaran kerja kamu itu tidak akan dibaca.

2. Hindari coretan pada tulisan

Menulis surat lamaran kerja sebaiknya jangan sampai salah. Hindari coretan karena ada kata yang salah saat menulis. Untuk itu, telitilah dalam menulis setiap kata pada surat lamaran kerja. Jangan sampai ada kata yang salah.

3. Sertakan tanggal dan tanda tangan

Sebelum mengirim, pastikan kamu menulis tanggal pembuatan surat dan juga tanda tangan di bagian bawah surat lamaran kerja. Kedua hal ini sering terlupakan, jadi cobalah untuk selalu mengecek surat lamaran sebelum dikirimkan.

Berikut contoh surat lamaran kerja yang sederhana:

Jakarta, 26 November 2013

Kepada Yth.
HRD. PT. Terus Maju,
Jl. Merak no 43, Jakarta

Dengan hormat,

Saya yang bertandatangan dibawah ini :
Nama:
Tempat, Tanggal Lahir:
Alamat:
Nomor Telepon/HP:
Pendidikan terakhir:

Dengan ini mengajukan surat lamaran untuk bekerja di perusahaan Bapak/Ibu sebagai (sebut posisi yang dibutuhkan). Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan beberapa berkas sebagai berikut:

1. (Tulis berkas apa saja yang dilampirkan, sesuai dengan yang disaratkan perusahaan)
2. …
3. (Sertakan juga sejumlah sertifikat yang kamu miliki sebagai nilai tambah)

Dengan surat permohohan ini, saya menyatakan siap untuk memberikan waktu dan tenaga apabila di perlukan. Besar harapan saya untuk dapat mengikuti tes seleksi dan wawancara.

Hormat Saya
(Tanda tangan)
(Tulis nama pembuat surat)

Semoga penjelasan di atas bisa bermanfaat untuk kamu yang sedang mencari pekerjaan. (YG)

Comment di sini