Cara Merawat Kulit Bayi yang Sensitif

by
November 26th, 2013 at 11:40 am

CiriCara.com – Kulit bayi berbeda dengan kulit anak-anak dan orang dewasa. Selain sangat sensitif, kulit bayi harus beradaptasi secara perlahan dengan lingkungan di sekitarnya setelah berada di dalam kandungan sang ibu selama sembilan bulan.

Cara tepat merawat kulit bayi

Cara tepat merawat kulit bayi / Ist.

Oleh karena itu, kulit bayi perlu mendapat perawatan ekstra agar tidak mengering dan mengalami iritasi. Berikut beberapa langkah tepat yang harus diperhatikan oleh para ibu saat merawat kulit bayinya yang masih sensitif seperti dilansir dari Wolipop:

1. Mandi dengan baby oil

Jangan biarkan bayi Anda mandi dengan air biasa. Kulit bayi masih sangat halus dan sensitif sehingga tidak mudah untuk beradaptasi dengan air yang biasa digunakan oleh orang dewasa untuk mandi.

Karena itu pastikan air mandi untuk bayi Anda tidak terlalu dingin maupun panas. Tambahkan juga beberapa tetes baby oil tanpa pewangi ke dalamnya. Langkah ini perlu dilakukan agar kulit bayi senantiasa halus dan lembab.

2. Jangan pakai sabun anti bakteri

Sabun dengan bahan anti bakteri biasanya sangat keras dan tidak cocok dengan kulit bayi. Hindari sabun jenis ini agar kulit bayi tidak teriritasi.

3. Pastikan kulit bayi kering setelah mandi

Saat Anda mengeringkan bayu Anda dengan handuk, pastikan tidak ada bagian tubuh bayi yang terlewatkan. Keringkan kulit bayi Anda hingga ke lipatan-lipatan kulit termasuk belakang telinga, siku, dan belakang lutut bayi.

4. Pakai body lotion

Kulit bayi juga butuh body lotion agar kulit mereka lembab. Karena itu seusai mengeringkan bayi dengan handuk jangan lupa oleskan body lotion khusus bayi tanpa pewangi dan pewarna secara merata ke seluruh kulit tubuh mereka.

5. Jangan terlalu sering memandikan bayi

Prinsip ini berlaku saat udara sangat dingin. Cuaca dingin dengan kadar udara yang rendah dapat membuat kulit si bayi menjadi kering. Karenanya, jangan sering memandikan si bayi saat cuaca sedang dingin.

Itulah kelima cara tepat untuk merawat kulit bayi Anda yang masih sensitif. Selain itu, hindari penggunaan bahan-bahan yang tak terlalu esensial bagi bayi Anda agar kulitnya selalu terjaga. (RN)

Comment di sini