Cara Menghadapi Teman yang Suka Utang

by
November 27th, 2013 at 10:58 am

CiriCara.com – Sebagai orang yang baik tentunya kita akan menolong teman yang sedang kesusahan, termasuk dalam hal meminjamkan uang. Tapi terkadang, kebaikan kita itu hanya dimanfaatkan teman untuk meminta lebih dari kita.

teman pinjam uang

Pinjam uang – Ist

Saat teman mengatakan ingin meminjam uang, tentunya kamu tidak akan bisa menolak karena alasan persahabatan. Tapi, terkadang kamu juga merasa kesal karena uang yang dia pinjam tak kunjung dikembalikan. Padahal kamu juga sedang butuh.

Punya teman yang suka utang itu memang menjengkelkan, apalagi dia juga suka lupa untuk mengembalikannya. Keuangan kamu bisa habis karena terus-terusan dipinjam tapi tidak dikembalikan. Harus bagaimana?

1. Belum gajian

Saat teman kamu mau meminjam uang, lebih baik kamu menolaknya dengan mengaku belum gajian. Dengan alasan tersebut, teman kamu pasti tidak akan berani meminjam uang. Cara ini hanya tepat digunakan saat pertengahan bulan.

2. Ada keperluan

Kamu bisa mengatakan bahwa uang kamu akan digunakan untuk keperluan lain, misalnya untuk servis motor, laptop, atau untuk membayar tempat kos. Dengan demikian, uang kamu aman dari si tukang pinjam itu.

3. Jangan mudah percaya

Teman yang hobi utang itu biasanya sering memberikan alasan-alasan palsu supaya kamu merasa kasihan, mulai dari anggota keluarganya sakit sampai kehilangan dompet. Sebelum memberikan uang pinjaman, ada baiknya kamu selidiki dulu kebenarannya.

pacar parasit

Teman pinjam uang – Ist

4. Jangan bicarakan soal uang

Saat teman sedang curhat masalah keuangannya, sebaiknya kamu menghindar. Karena ujung pembicaraan itu adalah dia ingin pinjam uang. Kamu bisa menghindar dengan cara mengaku sedang sibuk atau terburu-buru karena ada urusan penting.

5. Bersikap tegas

Belum juga mengembalikan uang pinjaman bulan lalu, dia sudah mau minjam lagi. Kalau sudah begini kamu harus bersikap tegas. Bilang padanya kalau kamu sudah kapok meminjamkan uang kepadanya.

Baca juga: Cara Menagih Utang yang Ampuh.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi teman yang hobi utang. Jika tetap tidak berhasil juga, lebih baik kamu menjauh darinya.

(YG)

Comment di sini