Penyebab Kanker yang Paling Umum

by
November 27th, 2013 at 2:09 pm

CiriCara.com – Penyakit kanker merupakan salah satu penyakit yang mematikan. Semua orang tentu tidak mau menderita kanker. Namun, beberapa orang ternyata masih ada yang tidak sadar bahwa yang mereka lakukan itu bisa memicu kanker.

penyakit kanker

Kanker – Ist

Penyakit kanker sendiri ada beberapa macam. Dan yang belakangan marak terjadi pada manusia adalah kanker otak, kanker kulit, kanker mulut, kanker paru-paru, kanker payudara, dan kanker rahim.

Kanker saat ini masih dianggap sebagai penyakit yang sulit untuk diobati. Banyak di antara penderita kanker yang tidak bisa selamat karena penyakit ini. Tidak mau terkena kanker? Hindari penyebab kanker berikut ini:

1. Merokok

Penggunaan tembakau seperti merokok bisa meningkatkan resiko terkena kanker. Perokok akan rawan terkena kanker paru-paru, kanker tenggorokan, kanker kerongkongan, kandung kemih, ginjal, pankreas, dan kanker serviks.

2. Alkohol

Alkohol mempunyai dampak yang hampir sama dengan rokok. Jika dikonsumsi secara berlebihan, alkohol bisa memicu kanker mulut, kanker tenggorokan, kanker kerongkongan, dan kanker hati.

3. Bahan kimia

Penggunaan bahan kimia dalam makanan dan penyebaran bahan kimia di udara bisa memicu kanker. Penyakit kanker yang muncul karena bahan kimia umumnya adalah kanker paru-paru, kanker perut, dan kanker nasofaring.

berhenti merokok

Berhenti merokok – Ist

4. Virus dan bakteri

Penyebaran virus dan bakteri akan memicu penyakit kanker serviks, kanker hati, dan kanker perut. Pola hidup yang sehat sangat membantu Anda untuk menghindari serangan virus penyebab kanker tersebut.

5. Gen

Jika di antara keluarga Anda ada yang terkena kanker, maka resiko Anda untuk terkena kanker juga akan lebih besar. Penyakit kanker bisa diturunkan melalui gen keluarga yang mempunyai riwayat penyakit kanker.

Penyakit kanker memang penyakit yang mematikan. Namun, Anda tetap bisa mencegahnya dengan cara menerapkan pola hidup sehat mulai dari sekarang.

(YG)

Comment di sini