Tembok Besar China Mulai Rusak

by
November 27th, 2013 at 3:38 pm

CiriCara.com - Sudah beberapa abad Tembok Besar China berdiri dengan gagahnya, ada berita yang tidak mengenakan tentang Tembok legendaris ini. Tembok Besar China terancam mendapat kerusakan yang parah karena perluasan lahan pertanian dan konstruksi.

tembok besar china rusak

tembok besar china rusak / Telegraph

Predikat sebagai tembok besar panjang yang kokoh dan gagah sepertinya perlahan mulai hilang. Hampir dua per tiga batu-batuan tembok sudah tidak sempurna lagi strukturnya. Bahkan kalau tidak diberikan solusi terbaik dalam beberapa tahun ke depan, tembok ini akan hancur total.

Padahal menurut sejarah, Tembok Besar China yang pada fungsi awalnya merupakan benteng hampir sulit dihancurkan oleh berbagai macam jenis senjata. Musuh-musuh Dinasti yang berkuasa saat itu sulit sekali untuk menembus dan menghancurkan benteng ini. Oleh karena itu predikat “Great Wall” diberikan orang-orang untuk benteng ini.

Jika dalam situasi perang tembok besar ini sulit sekali untuk dirubuhkan, di era modern saat ini, kekokohan Tembok Besar China seakan mudah sekali keropos. Ulah petani sekitar yang memperluas lahan garapannya di area bangunan tersebut menjadi biang dari mulai keroposnya Tembok Besar China.

Tembok besar China yang runtuh

Tembok besar China yang runtuh / Telegraph

Tembok yang terbentang panjang tersebut banyak dihancurkan oleh warga sekitar untuk membuka lahan pertanian yang baru. Tidak hanya dari para petani, ancaman juga datang dari program pembangunan jalan yang berada di dekat Tembok Besar China ini.

Chen Jun, aktivis dari Museum Longxi saat ini sedang berupada untuk merayu petani sekitar untuk menghentikan  penggarapan lahan baru di sekitar bangunan. Hal itu sebagai solusi dini dalam mengurangi pengikisan Tembok Besar China yang berujung pada kehancuran total.

Namun perjuangan Chen sedikit mendapat kendala karena kawasan yang para petani gunakan sebagai lahan pertanian belum dinyatakan oleh pemerintah pusat sebagai zona perlindungan untuk Tembok Besar China. Jika saja pemerintah sudah membuat kebijakan mengenai zona perlindungan sejak dulu, mungkin masalah ini tidak akan pernah terjadi.

Baca jugaFoto: Pejalan Kaki pun Kena Macet di Tembok Besar China

Alasan lain mulai terkikisnya Tembok Besar China ini juga disebabkan oleh warga sekitar selain petani yang menjadikan Tembok Besar China sebagai taman bermain bagi anak-anak mereka.  Bahkan oleh warga sekitar kumpulan tembok yang menjadi pondasi Tembok Besar China mereka pereteli untuk membangun rumah dan jalan di permukiman mereka.

Pemerintah lokal memang harus segera membuat peraturan tegas agar salah satu bangunan yang masuk keajaiban dunia tersebut tetap terpelihara dengan baik dan ke depannya para turis masih bisa mengunjungi Tembok Besar China.

Tembok megah yang terbentang panjang hingga 5000 kilometer ini dibangun pada Dinasti Qin 2.200 tahun yang lalu. Lalu pada era Dinasti Ming, Tembok China dilanjutkan pembangunannya 1.500 tahun kemudian.

Sejarah mengenai mengapa Tembok Besar China dibuat berliku-liku dan memanjang menyusuri puncak pegunungan agar benteng yang menjadi pusat pertahanan Dinasti yang sedang berkuasa di Tiongkok tidak mudah ditaklukkan dan dihancurkan oleh musuh. Karena gunung dan lereng yang terjal menyulitkan pihak musuh untuk mendekati benteng lawan.

Menurut salah seorang pemandu wisata di Beijing, di bagian badan Tembok Besar China dibangun dengan batu besar berbaur dengan tanah dan batu pecahan, dengan ketinggian tembok mencapai sepuluh meter dan lebar lima meter. Ukuran tersebut diperkirakan cukup untuk empat ekor kuda yang ditunggangi oleh pasukan perang yang sedang berpatroli.

Fungsi Tembok Besar China yang tadinya adalah pusat pertahanan militer, kini atmosfer tersebut hampir tidak dapat dirasakan. Yang masih dapat dinikmati oleh para wisatawan adalah keindahan arsitekturnya yang megah dan pemandangan sekitar yang membuat para wisatawan terdecak kagum.

(AV)

 

 

 

Comment di sini