Cara Mengatur Keuangan di Usia 20-an

by
November 28th, 2013 at 11:59 am

CiriCara.com – Di usia 20-an banyak orang tidak tertarik untuk membicarakan masalah keuangan. Pada usia yang relatif masih muda ini, kebanyakan mereka justru lebih tertarik untuk membahas masalah gaya hidup dan hal menyenangkan lainnya.

keuangan

Mengatur keuangan – Ist

Padahal, merencanakan keuangan sejak dini juga termasuk salah satu hal yang penting. Tujuannya agar masa depan finansial keluarga Anda jadi lebih terjamin. Sehingga Anda tidak akan terjebak pada jeratan utang.

Bagi Anda yang masih muda, cobalah untuk mengatur keuangan mulai dari sekarang. Berikut ada beberapa cara mengatur keuangan yang perlu Anda pelajari di usia 20-an:

1. Perencanaan keuangan

Usia muda bukan hanya untuk bersenang-senang. Anda harus mempunyai sejumlah perencanaan keuangan, seperti mengumpulkan uang untuk menikah, membeli rumah, atau membeli kendaraan pribadi. Cobalah untuk menyisihkan 10 persen dari penghasilan Anda.

2. Kurangi kebiasaan belanja

Cobalah untuk mengurangi kebiasaan belanja setelah gajian. Anda boleh belanja namun utamakan membeli barang karena kebutuhan, bukan keinginan. Dengan demikian, Anda bisa menyimpan lebih banyak uang setiap bulannya.

3. Kurangi jalan-jalan

Jalan bareng bersama teman itu boleh saja, tapi sebaiknya jangan terlalu sering. Kebiasaan seperti ini bisa membuat keuangan Anda jadi lebih boros. Apalagi jika acara jalan bareng itu dilakukan di sebuah pusat perbelanjaan.

belanja

Perencanaan keuangan yang matang – Ist

4. Tidak usah gengsi

Anda tidak perlu merasa malu karena memakai handphone jadul sementara teman Anda menggunakan smartphone keluaran terbaru. Selama handphone Anda masih bisa dipakai, Anda tidak perlu membeli smartphone baru dan tidak perlu merasa gengsi.

5. Mempunyai target

Untuk memotivasi semangat, Anda harus mempunyai target khusus dalam menabung. Misalnya, untuk beli rumah, naik haji, atau juga membeli kendaraan pribadi. Dengan target itu, Anda pasti akan terus bersemangat agar bisa menabung.

Bijak dalam menggunakan uang akan membuat Anda jadi lebih siap dalam menghadapi masa depan. Jadi, menabunglah mulai dari sekarang agar bisa mendapat hasil yang baik di hari tua nanti.

(YG)

Comment di sini