Ciri-ciri Pembohong di Sekitar Anda

by
November 28th, 2013 at 10:31 am

CiriCara.com – Pembohong sangat mudah ditemu di sekitar kita. Umumnya mereka berbohong dengan berbagai alasan entah itu untuk menutupi kesalahan, melakukan kejahatan, atau bahkan karena ia menderita penyakit psikis yang tidak bisa membuatnya berkata jujur.

Ciri-ciri pembohong di sekitar Anda

Ciri-ciri pembohong di sekitar Anda / Live Science

Agar Anda bisa mengenali siapa saja orang di sekitar Anda yang sedang berbohong, simak ciri-ciri yang dolansir dari Top10Indo sebagai berikut:

1. Tidak mau menatap lawan bicara

Ciri ini adalah ciri umum yang biasa ditemui pada para pembohong. Biasanya orang yang sedang berbohong tidak mau menatap mata lawan bicaranya.

2. Terlalu banyak memegang bagian tubuh tertentu

Orang yang sedag berbohong biasanya akan merasa sangat tidak nyaman pada dirinya sendiri. Karena itu, mereka akan sering memegang atau menyentuh bagian tertentu dari tubuhnya terutama bagian-bagian wajah dan leher.

3. Cara bicaranya aneh

Pembohong juga bisa dideteksi dari cara bicara mereka. Perhatikan saat mereka berbicara. Jika Anda bertanya dan mereka menjawab terlalu jauh dari inti pertanyaan dan berusaha untuk membuat lelucon, bisa jadi mereka memang sedang berbohong.

4. Mengalihkan pembicaraan

Orang yang berbohong cenderung akan berusaha mengganti topik pembicaraan tertentu ke topik lain yang dirasa mereka aman. Cara yang mereka gunakan bisa beragam mulai dari menyindir, bercanda, dan lainnya.

5. Lihat jarak antara ekspresi fisik dan emosinya

Jika ada jeda antara ekspresi fisik dan emosi pada orang yang Anda temui, kemungkinan ia sedang berbohong.

Misalnya saat Anda memberi hadiah kepada orang yang Anda kenal, lalu ia berkata menyukai hadiah tersebut namun baru terlihat tersenyum beberapa saat kemudian, ia bisa jadi berbohong.

6. Lihat kakinya

Ciri-ciri pembohong

Ciri-ciri pembohong / Ist.

Hal ini akan mudah dilakukan saat Anda berbicara dengan seseorang sambil berdiri. Jika orang yang Anda ajak bicara tidak terlihat nyaman dan sering mengganti-ganti posisi kakinya, ia bisa jadi sedang berbohong.

7. Suaranya dipelankan

Tidak semua orang bersuara rendah atau pelan berarti pembohong. Namun, sebagian besar pembohong saat berbicara justru merendahkan atau memelankan suaranya.

8. Cara bernafas

Seseorang yang sedang berbohong akan bernafas dengan cepat seperti orang yang sangat capek. Ia juga sesekali akan berhenti untuk mengambil nafas panjang untuk menenangkan dirinya.

9. Mengikuti topik pembicaraan Anda

Cobalah untuk mengganti topik pembicaraan Anda dan amati ekspresi orang yang sedang berbicara dengan Anda. Jika ia terlihat senang dan mengikuti setiap alur pembicaran Anda dibanding dengan topik awal tadi, bisa jadi ia sedang berbohong.

10. Mencoba meyakinkan Anda

Pernah mendengar orang yang berulang kali berkata, “Percayalah padaku,” “Sejujurnya..”, atau “Sebenarnya” ?Orang yang berbohong cenderung meyakinkan lawan bicaranya dengan kata-kata seperti itu untuk menegaskan bahwa ia tidak berbohong.

Kesepuluh cara mudah di atas bisa Anda gunakan untuk mengamati orang-orang di sekitar Anda apakah sedang berbohong atau tidak. (RN)

Comment di sini