Pengemis Tajir Coba Suap Petugas Dinsos

by
November 28th, 2013 at 9:27 am

Jakarta (CiriCara.com) – Walang bin Kilon, pengemis tajir yang berhasil meraup Rp 25 juta dalam 15 hari ternyata sempat mencoba menyuap petugas Dinas Sosial (Dinsos) agar tidak ditangkap. Namun, tawaran itu ditolak oleh petugas.

pengemis tajir

Pengemis – Ist

Kepala Rehabilitasi Suku Dinas Sosial Jakarta Selatan, Miftahul Huda mengatakan bahwa Walang berusaha menyogok petugas agar bisa bebas. Namun, petugas tidak menghiraukannya dan tetap menangkap pria berusia 54 tahun itu.

“Walang mau sogok petugas, biar dia tidak direhabilitasi di panti sosial,” kata Miftahul.

Menurut Miftahul, aksi menyuap petugas itu juga sempat dilakukan oleh pengemis lainnya. Saat itu, pengemis yang terjaring razia mencoba menyuap petugas dengan sejumlah uang yang cukup menggiurkan.

“Saya kasih bapak dua juta rupiah, asal turunkan saya di pinggir jalan,” ucap Miftahul yang menirukan bujuk rayu pengemis itu.

Meskipun demikian, Miftahul menegaskan bahwa pihaknya secara tegas menolak percobaan penyuapan itu. “Petugas jelas dan tegas menolak (uang suap) itu,” kata Miftahul, seperti dikutip dari detik.com, Kamis (28/11/2013).

Walang, pengemis tajir itu sendiri ditangkap petugas Suku Dinas Sosial Jakarta Selatan pada Selasa (26/11/2013) sekitar pukul 19.30 WIB di bawah Tugu Pancoran, Jakarta Selatan. Walang beraksi bersama rekannya yang bernama Sa’aran, 60 tahun.

Dalam menjalankan aksinya, Walang menarik sebuah gerobak yang ditumpangi oleh Sa’aran sambil berpura-pura sakit. Keduanya mengaku mengemis untuk mencari uang tambahan ongkos naik haji.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Walang diketahui sudah mendaftarkan diri sebagai calon haji di Subang, Jawa Barat. Di daerah asalnya itu, Walang juga terkenal dengan sebutan “Haji Walang”.

(YG)

Comment di sini