7 Hal Penting yang Harus Diperhatikan Saat Hamil

by
November 29th, 2013 at 11:39 am

CiriCara.com – Masa kehamilan adalah masa-masa yang sangat mendebarkan bagi para wanita. Pada waktu inilah para ibu muda untuk pertama kalinya akan merasakan bagaimana rasanya mengandung jabang bayi selama sembilan bulan, saat proses melahirkan sampai menggendongnya ketika ia lahir.

Persiapan selama masa kehamilan

Persiapan selama masa kehamilan / MSN

Kebahagiaan menjadi wanita yang sempurna akan semakin lengkap dengan kehadiran buah hati, karena itu jadikanlah masa kehamilan sebagai masa yang paling membahagiakan dalam hidup Anda.

Namun sebagai ibu yang bijak, tentunya ada beberapa hal yang harus dipersiapkan saat proses kehamilan seperti berikut ini:

1. Jaga kesehatan

Jika Anda adalah wanita karir yang memiliki profesi yang mengharuskan Anda untuk bekerja keras, sebaiknya kurangilah aktifitas kerja demi menjaga kesehatan bayi dalam perut Anda. Saat trimester kedua atau ketika perut semakin membesar dan membuncit Anda juga harus semakin mengurangi kegiatan yang menyita fisik dan pikiran agar tidak stres dan mempengaruhi kandungan. Mengurangi kegiatan fisik juga akan membuat anda terhindar dari risiko keguguran.

2. Pola makan

Jangan sembarangan dalam mengkonsumsi makanan. Pilihlah makanan sehat dan hindari makanan berminyak, berlemak serta berkalori tinggi. Hindari juga makanan yang membahayakan janin seperti buah nanas, buah duren, lengkeng, dan cabe sambal dalam jumlah yang banyak. Jauhi gaya hidup yang tiidak sehat seperti merokok, minum alkohol dan tidur larut malam.

3. Pakaian

Persiapkan juga pakaian hamil yang akan Anda kenakan saat perut semakin membesar. Celana panjang berbahan karet sangat cocok dikenakan sewaktu hamil dan baju terusan selutut juga dapat Anda pakai saat bekerja atau berjalan-jalan. Namun sebaiknya diawal-awal kehamilan Anda cukup mengenakan pakaian seperti biasa karena perut dan bentuk tubuh belum membesar.

4. Senam

Sisihkan waktu untuk ikut kelas senam hamil demi memperlancar proses melahirkan secara normal. Senam kehamilan juga bisa disesuaikan dengan usia kandungan sehingga Anda dapat memilih latihan yang tepat bersama dengan ibu-ibu hamil lainnya.

5. Seks

Ibu hamil perlu menjaga kesehatan

Ibu hamil perlu menjaga kesehatan / Thinkstock

Seks memang penting untuk perkembangan otak bayi saat hamil dan memberikan dampak psikologis positif bagi ibu hamil, namun jangan terlalu memforsir aktivitas seksual Anda karena akan berakibat buruk pada janin dan berisiko tinggi mengalami keguguran.

Kondisi perut dan usia kandungan juga harus disesuaikan dengan kegiatan seks yang tepat. Sebaiknya beritahulah suami Anda agar tetap memperhatikan kesehatan dan keamanan janin saat sedang melakukan hubungan seksual.

6. Perlengkapan bayi

Apa saja perlengkapan bayi yang dibutuhkan pasca melahirkan, mulai dari susu, popok, baju bayi, tempat tidur sampai sabun mandinyapun sudah harus anda persiapkan 2-3 bulan sebelum proses melahirkan. Setelah itu, secara bertahap Anda bisa mempersiapkan perlengkapan bayi lainnya ketika usianya semakin bertambah seperti kereta bayi, kereta dorong hingga mainan untuk bayi.

7. Finansial

Inilah poin terakhir namun penting untuk diperhatikan dan dipersiapkan dengan seksama. Meskipun masuk ke dalam ranah rumah tangga namun sebaiknya diskusikan dengan bijak masalah keuangan selama proses kehamilan sampai melahirkan bersama suami Anda.

Persiapkan dengan seksama setiap rincian dan anggaran pengeluaran untuk memeriksa kandungan, membeli obat atau suplemen sampai biaya bersalin. Tentunya Anda ingin memberikan yang terbaik bagi buah hati Anda bukan? Karena itu persiapkan biaya kehamilan sejak dini atau ketika Anda mulai mengalami gejala dan tanda-tanda kehamilan.

Itulah beberapa hal yang harus dipersiapkan saat proses kehamilan berlangsung. Jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan anda dan janin agar si buah hati dapat terlahir dengan sehat dan sempurna.

 

Comment di sini