Cara Hilangkan Bau Prengus Daging Kambing

by
November 29th, 2013 at 3:56 pm

CiriCara.com – Selain dikenal mempunyai rasa yang khas, daging kambing juga terkenal dengan bau prengusnya. Hal ini yang sering dikeluhkan oleh banyak orang karena baunya cukup menganggu. Bisakah bau prengus dihilangkan?

daging kambing

Daging kambing – Ist

Daging kambing biasanya diolah menjadi beberapa macam menu makanan, seperti gulai dan juga sate kambing. Tapi, terkadang bau prengus daging kambing itu juga membuat mulut orang yang menyantapnya jadi ikut bau.

Sebenarnya ada cara yang bisa digunakan untuk mengurangi bau prengus pada daging kambing. Seperti diungkapkan oleh Chef Haryo Pramoe, berikut adalah cara untuk menghilangkan bau prengus daging kambing:

1. Tangan harus bersih

Saat memotong daging kambing, gunakan tangan yang masih bersih. Jika tangan kanan digunakan untuk menyembelih dan menguliti kambing, maka gunakan tangan kiri untuk memotong daging. Bau prengus itu muncul pada proses menyembelih dan menguti.

2. Jangan langsung diolah

Kambing yang sudah disembelih dan dikuliti, sebaiknya jangan langsung diolah. Diamkan daging kambing dengan cara digantung (kepala di bawah) selama 24 jam. Proses aging ini bertujuan untuk membersihkan sisa darah agar tidak prengus.

3. Gunakan sedikit air

Saat dicuci, daging sebaiknya jangan terlalu lama terkena air. Segera keringkan daging dengan handuk bersih setelah dicuci. Beberapa orang bahkan menyarankan agar daging tidak perlu dicuci supaya tidak bau prengus.

sate kambing

Sate kambing – ist

4. Gunakan ketimun

Daging kambing yang sudah dipotong-potong diremas bersama dengan irisan ketimun selama beberapa menit. Getah dalam ketimun dipercaya bisa menghilangkan bau prengus pada daging kambing. Jumlah ketimun disesuaikan dengan banyaknya daging.

5. Bumbu dapur

Beberapa bumbu dapur dipercaya bisa menghilangkan bau prengus. Bumbu dapur yang dimaksud adalah kunyit, jahe, salam, sereh, dan lengkuas. Caranya, haluskan bumbu dapur tadi dan masukkan ke dalam air rebusan yang akan digunakan untuk merebus daging.

Dengan beberapa cara di atas, bau prengus daging kambing bisa dihilangkan. Sekarang, Anda tidak perlu khawatir lagi saat menyantapnya. Selamat mencoba!

(YG)

Comment di sini