Cara Menghentikan Kebiasaan Ngiler Saat Tidur

by
November 29th, 2013 at 11:01 am

CiriCara.comNgiler adalah masalah yang dialami oleh sebagian besar orang saat tidur. Kebiasaan ini tidak dapat dihentikan secara tiba-tiba karena semua terjadi di luar kendali tubuh.

cara menghentikan kebiasan ngiler saat tidur

cara menghentikan kebiasan ngiler saat tidur / Ist.

Saat kita terbangun dan mendapat bantal basah karena masalah tersebut, kita pasti akan kesal. Untuk mengatasi hal ini, ada beberapa cara yang bisa Anda coba agar kebiasaan buruk tersebut bisa dihentikan bahkan dihilangkan. Caranya? Simak penjelasan di bawah ini:

1. Ganti posisi tidur

Posisi tidur miring adalah penyebab utama terjadinya ngiler. Untuk itu, gantilah posisi tidur Anda menjadi telentang. Usahakan juga Anda tetap di posisi tidur Anda ini sampai pagi.

2. Letakkan bantal yang tinggi di bawah kepala

Jika Anda tak bisa tidur dengan posisi telentang, letakkan bantal yang lebih tinggi di bawah kepala sehingga posisi Anda jadi lebih nyaman.

3. Tarik nafas lewat hidung, bukan mulut

Alasan utama kenapa banyak orang ngiler saat tidur adalah karena mereka bernafas lewat mulut mereka, bukan hidung. Karenanya sangat dianjurkan bagi Anda untuk bernafas lewat hidung ketika tidur.

Jika belum terbiasa dengan cara ini, oleskanlah balsem atau minyak kayu putih ke hidung Anda agar bisa bernafas lewat hidung saat tidur.

Perlu diperhatikan juga bahwa ngiler tidak semata-mata terjadi karena kondisi tubuh yang kelelahan namun juga karena kebiasaan yang terus dibawa dari kecil hingga dewasa.

Baca jugaCiriCara: 7 Cara Mengatasi Mendengkur

Selain itu, ngiler juga bisa terjadi karena gangguan yang terjadi pada sistem pernafasan. Apabila Anda sudah mencoba cara-cara di atas namun tidak juga berhasil, konsultasikanlah pada dokter untuk  mendapat pengobatan lebih lanjut. (RN)

Wikihow

Comment di sini