Cara Menyiapkan Dana Pesta Pernikahan

by
November 29th, 2013 at 2:09 pm

CiriCara.com – Pernikahan adalah momen spesial yang mungkin terjadi satu kali dalam hidup. Tak heran banyak pasangan maupun orangtua yang menginginkan agar pesta pernikahan dibuat semeriah mungkin agar lebih berkesan.

dana pernikahan

Dana pernikahan – Ist

Demi pesta pernikahan yang meriah, tak jarang pasangan memilih untuk berutang. Padahal, utang tersebut justru akan menjadi beban tersendiri setelah hari pernikahan. Jika tidak sanggup untuk melunasinya, jelas hal ini akan menjadi masalah dalam rumahtangga.

Anda tentu tidak mau mengalami masalah seperti di atas. Untuk itu, ketahui dulu beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menggelar pesta pernikahan yang mewah. Berikut penjelasannya:

1. Melakukan survei

Tentukan pesta pernikahan seperti apa yang ingin Anda gelar. Lakukan survei mengenai perkiraan biayanya. Dengan cara ini Anda bisa mengetahui berapa dana yang harus dikumpulkan sebelum menikah.

2. Jumlah utang

Sebelum memutuskan untuk berutang, ada baiknya pikirkan dahulu apakah Anda sanggup membayarnya atau tidak. Pilih jumlah utang yang kiranya bisa Anda bayar dengan penghasilan Anda. Jangan sampai Anda dan keluarga terlilit utang.

3. Kumpulkan dari sekarang

Daripada berutang, ada baiknya Anda mengumpulkan uang untuk pesta menikah mulai dari sekarang. Sekalipun hari pernikahan masih lama, Anda tetap harus mulai menabung. Semakin cepat Anda mulai menabung, maka uang yang akan terkumpul akan semakin banyak.

pernikahan4. Bicarakan dengan keluarga

Sebelum menggelar pesta pernikahan, ada baiknya Anda berbicara dulu dengan pihak keluarga. Mulai dari konsep pesta hingga masalah dana yang dibutuhkan. Siapa tahu keluarga Anda atau pasangan mau menyumbang sejumlah uang untuk pesta pernikahan.

5. Patungan dana

Jika hari pernikahan sudah dekat namun dana belum cukup, Anda dan pasangan bisa patungan. Ini adalah hari besar kalian berdua, jadi tidak ada salahnya Anda juga minta bantuan dari pasangan.

Pesta pernikahan sebenarnya tidak harus digelar secara mewah. Karena yang terpenting adalah persiapan Anda dan pasangan dalam menjalani kehidupan setelah menikah. Jangan sampai Anda dikejar-kejar utang setelah menikah.

(YG)

Comment di sini