Cara Keramas yang Benar Agar Rambut Tak Rontok

by
December 2nd, 2013 at 10:29 am

CiriCara.com – Keramas secara teratur memang dianjurkan agar rambut wanita selalu terlihat indah, bersinar, dan tetap terawat. Namun dengan cara keramas yang salah, timbullah berbagai masalah lainnya pada rambut seperti kerontokan dan ketombe.

Cara keramas yang benar agar tidak rontok

Cara keramas yang benar agar tidak rontok / Ist.

Untuk mencegah masalah yang lebih buruk ini terjadi, sebaiknya Anda memperhatikan cara keramas Anda agar tak terjadi masalah pada rambut. Simak cara-cara mudah yang dilansir dari Wolipop berikut ini untuk mencegah kerontokan rambut akibat cara keramas yang salah:

1. Pertama, Anda harus memastikan seluruh bagian rambut Anda basah sebelum memakai shampo. Jika rambut Anda tidak benar-benar basah maka bahan kimia yang ada pada shampo tidak terserap seluruhnya oleh rambut.

2. Pakai shampo secukupnya saja sesuai dengan panjang dan tebal rambut Anda. Shampo yang terlalu banyak bisa membuat rambut Anda kering.

3. Oleskan shampo sambil memijat lembut kulit kepala Anda. Tujuan pijatan ini adalah melancarkan peredaran darah agar pertumbuhan rambut Anda juga terangsang.

4. Setelah selesai, bilas shampo di rambut sampai bersih. Pastikan rambut benar-benar bersih dari shampo agar tidak ada kandungan kimia yang tersisa.

5. Anda bisa mengulang keramas sekali lagi namun dengan takaran shampo yang lebih sedikit.

6. Oleskan kondisioner pada ujung rambut dan diamkan selama lima menit sebelum dibilas.

7. Jangan memelintir atau memeras rambut yang basah karena akan membuat rambut rusak.

8. Saat mengeringkan, ambil handuk lalu tekankan pada rambut yang basah dan jangan menggosoknya karena gesekan akan membuat rambut rusak.

9. Jangan sisir rambut yang basah karena rambut yang basah masih sangat rapuh dan mudah sekali tercabut dari akarnya.

10. Jangan keringkan rambut dengan hair dryer. Biarkan rambut mengering sendiri secara alami. Jika Anda melakukan blow dry, pastikan Anda melakukannya secara hati-hati dan tidak boleh ditarik terlalu keras agar  akarnya tidak tercabut.

Itulah cara-cara mudah yang Anda harus lakukan saat keramas agar rambut tidak rontok. Jika Anda melakukannya dengan benar maka kerontokan pada rambut Anda akan berkurang. Selamat mencoba!

Comment di sini