Cara Membuat Facebook Jadi Alat Kampanye Efektif

by
December 2nd, 2013 at 3:10 pm

CiriCara.com – Pemilihan Umum (Pemilu) 2014 tinggal dalam hitungan bulan. Para politisi yang akan bertarung tahun depan sudah jauh-jauh hari menyiapkan strategi agar mendapat dukungan dalam Pemilu nanti.

Menggunakan Facebook untuk kampanye

Menggunakan Facebook untuk kampanye / Ist.

Di zaman yang sudah canggih dan serba internet ini, tentu saja cara berkampanye tidak melulu harus melakukan pawai di jalanan. Banyak cara yang bisa dicoba untuk meraih dukungan terutama lewat media sosial karena pengguna internet di Indonesia semakin bertumbuh dari hari ke hari.

Salah satu media sosial yang paling diminati di Indonesia adalah Facebook. Banyak politis meraih dukungan dan menjadi populer setelah membuat akun Facebook.

Dilansir dari Tempo.co menurut pendapat dari Katie Harbarth, manajer golbal Facebook untuk politik dan keterlibatan pemerintah, Facebook bisa dimanfaatkan untuk meraih banyak dukungan lewat “friends atau teman” dan “like“.

Misalnya saja di Brazil. Sebagai salah satu media sosial, Facebook bahkan sudah dianggap penting oleh para politikus dalam meraih suara para pemilih khususnya pemilih pemula atau muda.

Lalu bisakah cara yang sama itu dipakai dalam kampanye Pemilu 2014 yang akan segera diselenggarakan dalam waktu dekat ini? Tentu saja bisa. Berikut cara mudah yang disampaikan oleh Harbarth bagi para politikus yang ingin menggunakan Facebook:

1. Jangan sering update status

Meskipun memiliki akun fanpage, sebaiknya para politikus tidak menuliskan status lebih dari tiga kali sehari untuk menghindari kesan ‘spam’ dan bosan karena terlalu sering meng-update status.

2. Status harus original

Status yang ditulis sebaiknya bukan saduran dan berkesan seperti ‘status biasa’. Jika perlu, si pemilik akun membuka sesi tanya jawab langsung dengan para ‘friends’ lewat Facebook.

3. Posting pada waktu yang tepat

Mem-posting status juga harus melewati waktu yang tepat. Karena itu, Anda perlu melihat survei jam pemakaian Facebook paling banyak. Misalnya saja pada saat jam makan siang, jam malam, dan sebagainya.

4. Lihat para pengunjung

Untuk mengetahui seberapa banyak pengguna Facebook yang mengujungi halaman Anda sebaiknya Anda menggunakan alat metadata Facebook untuk mengetahui seberapa banyak pengguna yang mengakses halaman Anda. (RN)

Comment di sini