Cara Membuat Nasi Kuning

by
December 2nd, 2013 at 4:16 pm

CiriCara.com – Nasi kuning merupakan salah satu makanan tradisional khas Indonesia. Nasi kuning ini biasanya disajikan dalam upacara adat dan juga acara penting lainnya, seperti ulang tahun. Penyajian nasi kuning ini biasa dibuat seperti gunung atau disebut tumpeng.

nasi kuning mantap

Nasi Kuning – Ist

Nasi kuning sering disajikan dengan sejumlah lauk pelengkap, seperti ayam goreng, telur dadar, sambal goreng tempe, serundeng, abon, teri asin, dan masih banyak lagi. Hal inilah yang membuat nasi kuning terlihat beda dari menu makanan lainnya.

Meskipun kedengarannya cukup sulit, membuat nasi kuning ini termasuk mudah. Bahan yang diperlukan juga merupakan bahan dapur yang umum. Jadi, Anda tidak perlu khawatir akan kesulitan mendapatkan bahannya.

Resep Nasi Kuning

Bahan:
- 1 kg beras
- 1,5 liter santan kental
- 2 batang serai
- 2 ruas kunyit
- 3 lembar daun pandan
- 3 lembar daun salam
- Garam secukupnya

Cara membuat:
- Parut kunyit sampai habis. Tambahkan air sedikit demi sedikit pada ampas kunyit tadi, peras dan ambil sarinya.
- Cuci beras hingga bersih, masukkan dalam panci. Tambahkan santan, garam, dan sari kunyit tadi. Masak hingga air meresap, angkat.
- Panaskan air dan daun pandan yang sudah dimasukkan ke dalam langseng. Jika sudah mendidih, masukkan aronan nasi kuning tadi untuk dikukus hingga matang. Proses ini memakan waktu kurang lebih ¾ jam.
- Jika sudah matang, angkat nasi dan masukkan ke dalam piring saji bersama lauknya.
- Nasi kuning siap untuk disantap.

Selamat mencoba!

(YG)

Comment di sini