Cara Mudah Menghilangkan Perasaan Iri dan Dengki

by
December 2nd, 2013 at 4:30 pm

CiriCara.com – Manusia wajar jika selalu mengalami rasa iri terhadap orang lain yang lebih hebat darinya. Tetapi jika perasaan ini terus menerus dipelihara tentunya tidak akan baik bagi diri kita.

Cara menghilangkan iri dan dengki

Cara menghilangkan iri dan dengki / ABC News

Rasa iri yang diikuti dengki membuat pandangan hidup kita jadi berubah. Karena ingin menyamakan diri dengan orang lain, terkadang kita melakukan berbagai cara bahkan memakai cara kotor agar kita sama dengan orang lain yang kita anggap lebih hebat.

Untuk menghilangkan perasaan iri dan dengki seperti ini tentu harus ada dorongan dari dalam diri sendiri. Caranya?

Simak daftar langkah sederhana yang bisa dilakukan berikut ini agar perasaan iri terhadap orang lain hilang:

1. Ganti iri jadi motivasi

Anda iri terhadap atasan Anda, teman kerja, atau siapa saja yang lebih baik dari Anda? Ganti perasaan iri tersebut jadi motivasi untuk memperbaiki diri. Misalnya saja, mulai dari sekarang Anda harus belajar lebih lagi agar pengetahuan Anda sama dengan rekan kerja yang membuat Anda iri itu.

2. Bersyukur

Jika kita merasa iri, memang tidak mudah untuk menghilangkannya dalam waktu beberapa hari saja. Anda harus belajar banyak untuk menghilangkan perasaan tersebut dengan cara bersyukur dengan apa yang Anda miliki sekarang. Jangan bandingkan diri Anda dengan orang lain yang lebih hebat.

3. Belajar memberi

Daripada Anda merasa iri karena ingin mendapat pengakuan seperti orang yang lebih hebat dari Anda, lebih baik mulai dari sekarang Anda belajar untuk memberi. Misalnya, saat Anda ingin sekali dicintai oleh semua orang, Anda harus belajar dulu bagaiamana mencintai orang lain.

Baca jugaCiriCara: Cara Membangun Pikiran Positif

Iri dan dengki sebenarnya terdapat dalam hati setiap orang, tinggal bagaimana kita bisa mengelolanya atau tidak. Ingat bahwa jika Anda tetap iri, Anda akan terpuruk dalam perasaan Anda tersebut dan menghancurkan apa yang Anda miliki sekarang. (RN)

Comment di sini