Ciri-ciri Kecanduan Belanja Online

by
December 2nd, 2013 at 2:29 pm

CiriCara.com – Seiring dengan kemajuan teknologi, sistem belanja melalui internet kian digemari oleh sejumlah orang. Kemudahan yang diberikan dalam belanja online terbukti mampu menarik minat banyak orang.

belanja online

Belanja online – Ist

Namun terkadang belanja online juga bisa menjadi masalah buat Anda. Pasalnya, belanja online yang mudah juga akan mendorong Anda mudah mengeluarkan uang. Jika sudah menjadi kebiasaan, belanja online pun bisa membuat Anda bangkrut.

Terlalu sering melakukan belanja melalui online bisa membuat Anda kecanduan. Berikut beberapa ciri orang yang sudah kecanduan belanja online:

1. Sering melakukan transaksi

Ciri kecanduan belanja online adalah Anda melakukan transaksi lebih dari dua kali dalam satu bulan. Jika Anda terlalu sering membeli barang yang sifatnya pribadi, itu juga termasuk ciri kecanduan belanja online.

2. Belanja melebihi kemampuan

Anda sering menggunakan uang tabungan untuk membeli barang secara online? Itu tanda kalau Anda sudah kecanduan. Membeli barang yang harganya di luar kemampuan adalah ciri orang kecanduan belanja online.

3. Situs jual beli online

Jika Anda selalu membuka situs jual beli online setiap hari, itu ciri kalau Anda kecanduan. Padahal, beberapa barang yang Anda beli secara online itu juga tersedia di sejumlah tempat di dekat rumah tinggal Anda.

4. Jarang belanja langsung

Berapa sering Anda membeli barang dengan cara langsung menemui penjualnya? Jika sudah jarang, itu artinya Anda kecanduan belanja online. Kemudahan dan kepraktisan belanja online akan membuat Anda jadi merasa malas untuk datang langsung ke toko penjualnya.

5. Tidak bisa lepas dari gadget

Membawa laptop, smartphone, atau gadget canggih lainnya hanya akan mendekatkan Anda pada internet. Setiap kali melihat ada barang baru di situs jual beli online, Anda pasti akan tertarik dan ingin langsung membelinya. Ini tanda kalau Anda kecanduan online shop.

Belanja online memang menawarkan sejumlah kemudahan dan lebih praktis. Namun, ada baiknya Anda tetap melakukan belanja di tempat agar lebih bisa bersosialisasi dengan penjualnya. 

(YG)

Comment di sini