Daftar 18 Mobil Akil Mochtar yang Disita KPK

by
December 2nd, 2013 at 8:36 am
Daftar mobil Akil Mochtar

Daftar mobil Akil Mochtar / Tempo

Jakarta (CiriCara.com) - Luar biasa kekayaan yang dimiliki oleh mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Akil Mochtar. Ini terbukti dari banyaknya aset Akil yang disita oleh Komisi Pemberantasan KPK.

Sebelumnya beberapa aset penting Akil disita KPK, seperti rumah dan lahan di Pontianak, surat berharga dengan nilai lebih dari Rp 2 Miliar, sejumlah uang Dollar Singapura senilai Rp 3 Miliar, dan uang dalam rekening CV Ratu Samagat senilai lebih Rp 100 Miliar.

Dan kini giliran mobil-mobil Akil yang akan diselidiki dan disita oleh KPK. Tidak tanggung-tanggung, mobil pribadi Akil yang disita KPK mencapai 18 mobil. Dan semua mobil yang disita merupakan mobil mewah dan mahal.

Juru Bicara KPK, Johan Budi menyatakan kalau penyitaan 18 mobil terkait kasus dugaan korupsi dan pencucian uang yang menjerat Akil merupakan rekor tersendiri dalam sejarah KPK. Johan menyatakan kalau penyitaan 18 mobil dalam satu kasus adalah penyitaan mobil terbanyak yang pernah dilakukan KPK.

Menurut Johan, ke-18 mobil dari kasus yang melibatkan Akil Mochtar ini, disita KPK dari tiga lokasi berbeda, yaitu Depok, Cempaka Putih, dan kawasan Puncak. Penyitaan di tiga lokasi berbeda tersebut dilaksanakan di waktu yang bersamaan.

Johan Budi juga mengatakan kalau 18 unit mobil tersebut didantaranya diduga dalam penguasaan Mochtar Effendi. Mochtar sendiri adalah saksi terkait penyidikan dugaan tindak pidana korupsi dalam sengketa Pilkada di MK dengan tersangka Akil Mochtar.

Sebelum penyitaan 18 unit mobil itu dilaksanakan, para penyidik KPK melakukan penggeledahan di dua tempat berbeda terkait kasus Akil. Pada Selasa kemarin (26/11), KPK menggeledah kantor Mochtar Effendi di kawasan perkantoran Cibinong, Kabupaten Bogor.

Pada penggeledahan hari Selasa tersebut, KPK menemukan dokumen sengketa hasil pemilihan umum kepala daerah di Mahkamah Konstitusi. Dan pada hari Rabu (27/11), penyidik KPK menggeledah kantor PT Bank BPD Kalimantan Barat di Gedung Wisma Eka Jiwa, Mangga Dua, Jakarta.

Berikut ke 18 mobil milik Akil yang berhasil disita KPK seperti dilansir dari Tribunnews.com:
1.Harrier AD 9054 PH
2.Honda B 1521 VEN
3.Toyota Alphard B 1421 BF
4.Nissan B 2899 DH
5.Opel Blazer B 2614 LQ
6.Daihatsu Xenia B 1367 PFW
7.Mazda BG 1330 Z
8.Mobil Box Daihatsu B 9228 VV
9.Mitsubishi B 1222 QT
10.Daihatsu Terios B 1782 FVJ
11.Toyota Yaris B 1971 SOQ
12.Mercedes C-180 B 8205 YG
13.Suzuki X-Road B 1714 WFD
14.Mercedes B 8761 MG
15.Toyota Fortuner KT 333 UA
16.Sedan B 1276 LQ
17.Toyota Avanza B 1858 FKA
18. Isuzu Panther B 2524 KQ

Diantara belasan mobil yang disita KPK, satu mobil diketahui ber-plat merah. Johan Budi mengatakan kalau mobil ber-plat merah dengan merk Isuzu Panther warna biru dengan nomor polisi B 2524 KQ itu baru dibeli dari hasil lelang.

“Jadi yang pelat merah itu ceritanya karena baru dibeli dari lelang atas nama mobil milik pemerintah,” ujar Johan di Jakarta seperti dilansir dari Viva.co.id.

Akil Mochtar sudah resmi dijadikan tersangka akan kasus suap terkait penanganan Pilkada Lebak dan Gunung Mas di MK. Tersangka penerima gratifikasi penanganan Pilkada di MK juga melakukan tindak pidana pencucian uang.

Akil Mochtar sendiri baru menjabat sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi pada April 2013 menggantikan Mahfud MD. Pada awal menjabat sebagai Ketua MK, Akil pernah mempopulerkan rencana hukuman potong jari kepada semua tersangka kasus korupsi.

Lalu dengan dirinya sendiri yang terlibat, apakah Akil Mochtar berani memotong jarinya sendiri? Kita lihat saja ke depan.

(AV)

Comment di sini