Dokter Lo, Dokter Gratis dari Solo

by
December 2nd, 2013 at 11:16 am

Solo (CiriCara.com) – Di tengah kontroversi aksi mogok dokter spesialis kandungan yang dilakukan beberapa hari lalu, muncul sosok dr Lo Siaw Ging (79). Dokter yang berpraktik di Solo, Jawa Tengah ini diketahui tidak pernah memungut biaya dari pasiennya.

dokter lo

Dokter Lo – Solografi/Ist

Rumah dr Lo yang beralamat di Jalan Yap Tjiwan Bing No 27, Jagalan, Jebres, Solo, Jawa Tengah selalu dipadati warga yang ingin berobat. Dokter yang lahir di Magelang, 16 Agustus 1934 itu biasa membuka praktik pada pukul 06.00 – 16.00 WIB.

Sejumlah warga mengaku sudah beberapa kali berobat ke dr Lo. Selain biaya pengobatan yang gratis, pengobatan yang diberikan dr Lo juga terbukti manjur karena pasien jadi cepat sembuh.

“Sudah langganan juga, tapi pas mau dibayar pasti ndak mau dan anak saya pasti sembuh,” kata Kaila (30), seorang ibu rumah tangga asal Solo, seperti dikutip dari Tribunnews.com, Senin (2/12/2013).

Saat memeriksa pasien, dr Lo juga selalu menanyakan kepada pasiennya, apakah memiliki uang untuk menebus obat atau tidak. Bagi pasien yang tidak mempunyai uang, dr Lo akan menyuruh pasien tersebut menebus obat di apotek langganannya agar bisa gratis.

“Biar nanti tagihannya saya yang bayar per bulannya,” kata dr Lo.

Setiap bulannya dr Lo harus mengeluarkan biaya sekitar Rp 6 juta hingga Rp 8 juta untuk menebus obat-obat pasiennya itu. Untuk bisa membayarnya, dr Lo mengaku dibantu oleh sejumlah donatur.

Namun, ternyata tidak semua pasien menyambut baik kebijakan berobat gratis dari dr Lo itu. Menurut dr Lo, ada seorang pasien yang justru merasa tersinggung karena biaya berobatnya digratiskan.

“Pernah juga ada pasien yang tersinggung karena saya tidak mau menyebutkan tarif (berobat). Mereka mau saya sebut tarif,” kata dr Lo sambil tertawa.

Selain membuka praktik di rumahnya, dr Lo juga melayani pasien di Rumah Sakit Kasih Ibu di Jalan Slamet Riyadi, Solo. Dia membuka praktik di rumah sakit tersebut pada saat siang hari, setelah melayani pasien di rumahnya.

(YG)

Comment di sini