Dr Lo: Kalau Mau Kaya Jangan Jadi Dokter, Tapi Pedagang

by
December 2nd, 2013 at 3:40 pm

Solo (CiriCara.com) – dr Lo Siaw Ging mendadak jadi pembicaraan publik karena memberikan pengobatan secara gratis di Solo, Jawa Tengah. Dokter berusia 79 tahun itu mengaku tidak pernah memasang tarif kepada pasiennya.

demo dokter mogok kerja

Dokter mogok kerja – Merdeka.com

Menurut dr Lo, sudah menjadi kewajiban seorang dokter untuk melayani dan mengobati pasien yang sakit. Tidak peduli pasiennya orang miskin mau kaya, seorang dokter tetap harus memberikan pelayanan yang maksimal.

“(Pengobatan gratis) itu sudah saya lakukan dari sejak dulu. Menjadi dokter itu memang harus menolong yang sakit dan miskin,” kata dokter kelahiran Magelang itu.

dr Lo pun mengatakan bahwa profesi sebagai seorang dokter bukan untuk mencari uang, tapi melayani masyarakat yang sakit. “Kalau mau kaya ya jangan jadi dokter, tapi jadi pedagang,” katanya, seperti dikutip dari Tribunnews.com, Senin (2/12/2013).

dr Lo mengaku tulus membantu warga miskin khususnya yang berada di daerah Solo. Tidak hanya memberikan pengobatan gratis, dr Lo juga sering membantu pasien tidak mampu untuk menebus obat di apotek.

dokter lo

Dokter Lo – Solografi/Ist

“Saya katakan tidak usah bayar, uangnya buat beli beras saja,” katanya.

Terkait dengan kontroversi aksi mogok kerja dokter spesialis kandungan se-Indonesia, dr Lo mengaku tidak setuju. Menurut dr Lo, aksi mogok kerja tersebut hanya akan membuat pasien jadi kecewa.

“Keselamatan dan kesehatan pasien jauh lebih penting,” kata dr Lo.

dr Lo pun menjelaskan bahwa seharusnya seorang dokter tetap memegang teguh komitmen penuh pada pengabdian. Meskipun para dokter tersebut merasa kecewa karena suatu hal, aksi mogok kerja tetap dirasa tidak tepat.

Saat ditanya mengenai rencana pensiun, dr Lo mengaku akan terus melayani masyarakat selama tubuhnya masih sehat. “Selama tubuh saya masih bisa bekerja, saya akan melayani,” katanya.

(YG)

Comment di sini