Ahok Berencana Latih Lulusan Pesantren Jadi Dai

by
December 3rd, 2013 at 10:28 am

Jakarta (CiriCara.com) – Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengaku prihatin dengan banyaknya lulusan pesantren yang menganggur. Ahok pun berencana untuk membantu mereka agar bisa mendapatkan pekerjaan.

basuki ahok

Ahok – Merdeka.com

Menurut Ahok, banyak warga Jakarta yang hafal Alquran namun masih menganggur. Mereka yang sudah mendapatkan pekerjaan pun hanya bekerja serabutan. “Banyak ternyata lho di Jakarta itu orang-orang yang lulusan pesantren kerjanya serabutan,” kata Ahok.

Karena itu, Ahok pun meminta Biro Pendidikan dan Mental Spiritual (Dikmental) DKI Jakarta untuk memberikan pelatihan kepada lulusan pesantren tersebut. Menurut Ahok, mereka bisa dilatih untuk menjadi seorang dai.

“Supaya bisa bantu memperkerjakan mereka itu. Nanti mereka dikasih pelatihan enam bulan buat jadi dai,” kata Ahok di Balai Kota Jakarta, Senin (2/11/2013) kemarin.

Selain menjadi dai, kata Ahok, para lulusan pesantren itu juga bisa dipekerjakan untuk menerjemahkan Alquran. Pasalnya, saat ini masih banyak orang yang hafal Alquran namun masih belum paham isinya.

Baca juga: Komentar Jokowi-Ahok Soal Pemberantasan Pengemis.

“Dilatih biar bisa menerjemahkan (Alquran), bukan cuma hafal,” kata Ahok yang juga merupakan mantan Bupati Belitung Timur.

Menurut Ahok, saat ini jumlah dai di Jakarta yang paham dengan isi Alquran masih sedikit. Itulah sebabnya, Ahok merasa pelatihan para lulusan pesantren ini sangat diperlukan untuk menambah pendakwah di Ibu Kota.

“Kita kan kekurangan,” katanya.

Selain menggandeng Dikmental DKI Jakarta, Ahok juga akan menjalin kerja sama dengan Pusat Studi Alquran untuk mencetak para pendakwah. Calon dai itu akan diambil dari para penghafal Alquran yang masih menganggur.

(YG)

Comment di sini