Cara Agar Minyak Tak Meletup Saat Goreng Ikan

by
December 3rd, 2013 at 3:35 pm

CiriCara.com – Memasak adalah kegiatan yang menyenangkan bagi sejumlah orang. Namun, memasak juga bisa berubah jadi menakutkan karena minyak tiba-tiba meletup atau meletus saat digunakan untuk menggoreng ikan.

menggoreng ikan

Goreng ikan – Ist

Kejadian seperti itu memang sering terjadi saat kita menggoreng ikan. Bahkan, beberapa ibu rumah tangga mengaku pernah terkena cipratan minyak panas saat menggoreng ikan. Itulah sebabnya banyak yang mengaku malas saat disuruh untuk menggoreng ikan.

Baca juga: Cara Menggoreng Ikan Agar Tidak Lengket.

Anda tentu tidak ingin terkena cipratan minyak panas hanya karena menggoreng ikan. Untuk itu, berikut ada beberapa cara aman yang bisa dilakukan saat menggoreng ikan agar minyaknya tidak meletup atau meledak.

1. Perhatikan kadar air

Minyak panas akan mudah meletup jika terkena air. Sebelum menggoreng, pastikan ikan yang akan digoreng benar-benar bersih dari air atau berkadar air rendah. Untuk berjaga-jaga, siapkan tutup khusus untuk wajan agar letupan minyak tidak terciprat ke tangan.

2. Perhatikan jumlah minyak

Untuk menghindari terkena cipratan minyak, sebaiknya jumlah minyak tidak lebih dari sepertiga ukuran penggorengan. Minyak mempunyai sifat mudah meluap saat dipanaskan. Jadi gunakanlah minyak secukupnya, jangan berlebihan.

3. Jangan terlalu panas

Agar tidak meletup, minyak sebaiknya jangan terlalu panas. Segera goreng ikan setelah beberapa menit api dinyalakan. Terlalu panas akan membuat minyak jadi mudah meletup, apalagi jika ikan yang dimasukkan itu dalam kondisi basah.

4. Pemilihan bumbu

Gunakanlah campuran bumbu yang tidak mengandung banyak air. Penggunaan air hanya akan memicu letupan minyak. Jika terpaksa menggunakan air, lebih baik gunakan sesedikit mungkin.

Itulah cara aman yang bisa Anda coba agar minyak tidak meletup atau meletus saat digunakan untuk menggoreng ikan. Selamat mencoba!

(YG)

Comment di sini