Cara Pintar Menghemat Uang Belanja

by
December 3rd, 2013 at 12:03 pm

CiriCara.com – Belanja menjadi salah satu kegiatan yang banyak digemari orang, khususnya kaum hawa. Hampir setiap kali gajian, mereka selalu pergi ke pusat perbelanjaan untuk memborong sejumlah barang yang mereka suka.

belanja hemat

Belanja hemat – Femina

Kebiasaan belanja itu bisa membuat keuangan menjadi boros. Padahal, kebutuhan hidup Anda bukan hanya untuk memborong baju, gadget, atau juga sepatu. Ingat! Anda masih butuh makan dan juga kebutuhan lainnya.

Agar tidak terlilit utang, Anda sebaiknya berhemat mulai dari sekarang. Meskipun sedang berhemat, Anda tetap masih boleh kok untuk berbelanja. Berikut cara pintar menghemat uang belanja:

1. Obral atau diskon

Berbelanja saat ada promo obral atau diskon bisa menguntungkan keuangan Anda. Barang yang dijual saat obral biasanya akan lebih murah dibanding harga aslinya. Manfaatkan momen obral ini untuk membeli barang yang Anda suka.

2. Barang bekas

Daripada membeli barang baru yang harganya mahal, Anda sebaiknya membeli barang bekas atau second. Harga barang bekas biasanya jauh lebih murah. Namun, Anda harus jeli saat membeli barang bekas yang kualitasnya masih bagus.

3. Toko kecil

Barang yang dijual di toko-toko kecil biasanya jauh lebih murah dibanding toko ternama. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena barang di toko kecil juga mempunyai kualitas yang hampir sama dengan yang dijual di toko ternama. Tergantung ketelitian Anda dalam memilih.

4. Pasar tradisional

Daripada pergi ke mal, Anda sebaiknya pergi ke pasar tradisional. Belanja di pasar tradisional bisa lebih hemat karena harganya bisa ditawar. Semakin pandai Anda menegosiasikan harga, maka harga yang didapat akan semakin murah.

5. Belanja online

Belanja online bisa menjadi solusi hemat uang belanja. Dengan belanja online, Anda tidak perlu keluar rumah dan itu artinya Anda bisa menghemat ongkos ataupun uang bensin. Beberapa situs online juga mulai membuat harga promo untuk bersaing dengan situs lainnya.

Sisa uang belanja tadi bisa Anda manfaatkan untuk keperluan lainnya. Dengan demikian, Anda tidak perlu mengajukan utang karena pengeluaran belanja Anda sudah hemat.

(YG)

Comment di sini