Cara Merawat Motor Matik Injeksi

by
December 4th, 2013 at 3:45 pm

CiriCara.com – Setiap motor memiliki spesifikasi mesin yang berbeda, sehingga cara perawatannya pun tidak bisa disamakan. Perawatan motor yang menggunakan karburasi berbeda dengan perawatan motor yang sudah mengadopsi teknologi injeksi.

motor matik injeksi

Motor Matik – Antara

Saat ini sepeda motor yang menggunakan teknologi injeksi sudah semakin banyak, baik itu matik maupun non-matik. Tentu hal ini akan sedikit membingungkan bagi Anda yang belum tahu cara merawat motor berteknologi injeksi itu.

Agar performa motor matik tetap terjaga dan mesin tetap awet, berikut ada beberapa cara merawat motor matik injeksi yang perlu Anda perhatikan. Simak baik-baik penjelasannya berikut ini:

1. Proses pemanasan

Sebelum menggunakan motor matik injeksi, ada baiknya mesin dipanaskan terlebih dahulu selama kurang lebih 1 sampai 5 menit. Setelah selesai, motor bisa langsung dijalankan. Proses ini bertujuan agar sistem pembakaran motor matik injeksi lebih sempurna.

2. Pengaturan gas

Saat mengendarai motor matik injeksi, sebaiknya Anda tidak terlalu sering menaikan dan menurunkan gas atau kecepatan motor secara mendadak. Hal ini bisa memperpendek usia mesin motor.

3. Rutin mengganti oli

Pelumas atau oli pada motor matik harus diganti secara berkala. Hal ini mencegah mesin motor matik terasa kasar dan cepat panas. Umumnya oli motor matik perlu diganti dalam jangka waktu satu bulan sekali.

4. Periksa busi dan aki

Selalu periksa kondisi busi dan aki pada motor matik Anda. Jika sudah rusak sebaiknya langsung diganti dengan yang baru. Pilih suku cadang yang orisinil jika ingin tahan lama dan tetap awet seperti baru.

5. Ganti oli shockbreaker

Motor matik umumnya menggunakan single shockbreaker. Agar kualitas shockbreaker tetap baik, lakukan penggantian oli secara rutin setiap 10.000 km. Gangguan pada shockbreaker akan memunculkan bunyi mendecit.

6. Mengecek tangki bensin

Motor injeksi tidak boleh kehabisan bensin. Segera mengisi bensin saat jarum atau lampu indikator tangki menunjukan bahwa bensin tinggal sedikit. Menurut sejumlah informasi, mesin motor injeksi akan rusak jika kehabisan bensin.

Baca juga: Cara Menghemat BBM Pada Motor Matik.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat motor matik kesayangan. Semoga bermanfaat.

(YG)

Comment di sini