Ciri-ciri Akun Spam di Twitter

by
December 4th, 2013 at 4:08 pm

CiriCara.com – Pernahkah kamu mendapat pesan berupa direct message atau mention dari seorang pengguna Twitter dengan avatar yang menarik namun kamu tidak pernah mengenal dia sebelumnya?

Ciri-ciri akun Twitter bot

Ciri-ciri akun Twitter bot/ Ist.

Jika iya, maka jangan ditanggapi karena bisa jadi akun Twitter tersebut adalah akun spam yang menyebarkan link-link jebakan dan bisa membahayakan akun yang kamu punya.

Untuk mengetahui apakah akun Twitter itu spam atau tidak, ada beberapa ciri-ciri utama yang dimiliki oleh para spammer yang ada di Twitter, antara lain:

1. Memiliki konten dewasa

Pernah melihat akun Twitter dengan tweets dan gambar bernada pornografi? Jika iya, itu adalah salah satu ciri akun Twitter bot yang patut diwaspadai. Awalnya akun ini mencari followers dengan daya jual konten dewasa. Setelah memiliki followers banyak, biasanya si empunya akun akan mengganti tweet dengan kesan promosi produk tertentu.

2. Jumlah followers dengan following tidak seimbang

Akun spam semacam ini akan mengikut banyak sekali akun Twitter dari seluruh dunia dan mencoba untuk me-mention mereka dengan tweet yang sama. Namun sebaliknya, followers mereka sangat sedikit. Misalnya ia memiliki following friends sebanyak 10 ribu, akun followersnya hanya 100-an saja.

3. Banyak promosi

Biasanya akun bot akan memposting tweet yang isinya berupa promosi dan tawaran-tawaran yang tidak penting. Biasanya akun dengan banyak follower akan memberi tweet yang informatif, bukan tweet tawaran.

4. Nama user memiliki kesamaan dengan selebritis ternama

Akun bot juga memanfaatkan nama besar dari tokoh-tokoh terkemuka atau akun ternama agar mendapat follower yang banyak. Misalnya saja di Twitter ada beberapa akun bot yang memanfaatkan nama besar Justin Bieber dan menggantinya dengan Jastin Biber dan sebagainya.

5. Tidak ada avatar dan tweet

Akun sejenis ini banyak sekali ditemui di Twitter. Meski tidak semua namun akun tanpa avatar dan tweet namun memiliki banyak follower bisa jadi merupakan salah satu akun bot yang menyasar pengguna Twitter lainnya. (RN)

Comment di sini