Ciri-ciri Anda Pelit, Bukan Hemat

by
December 4th, 2013 at 1:27 pm

CiriCara.com – Menghemat pengeluaran keuangan keluarga memang harus dilakukan agar tidak terjadi krisis. Namun, terlalu hemat juga bisa membuat Anda jadi orang yang pelit. Ingat! Hemat dan pelit itu beda tipis.

orang pelit

Orang pelit – Ist

Mempersiapkan uang untuk masa depan anak memang penting. Namun terkadang, para orangtua jadi lupa diri saat melakukan penghematan dan justru cenderung pelit terhadap anaknya. Hal ini tentu tidak baik untuk perkembangan anak.

Mungkin saat ini Anda tidak sadar telah menjadi seorang yang pelit. Untuk itu perhatikan ciri-ciri orang yang berubah jadi pelit saat melakukan penghematan berikut ini:

1. Melibatkan anak

Orangtua yang pelit akan melibatkan anak dalam usaha penghematan keuangan keluarga. Misalnya, anak tidak diberi uang saku dan dipaksa untuk menabung. Padahal, cara ini justru malah membuat anak merasa terbebani.

2. Biaya pendidikan

Sebagai orangtua Anda wajib memberikan pendidikan yang baik untuk anak Anda. Jika Anda masih perhitungan saat mengeluarkan uang untuk biaya pendidikan anak, itu artinya Anda sudah pelit.

3. Jalan kaki

Menyuruh anak untuk jalan kaki ke sekolah yang jaraknya dekat dari rumah itu bisa jadi salah satu cara untuk berhemat. Tapi jika menyuruh anak untuk jalan kaki ke sekolah yang jauh, itu pelit namanya. Seharusnya Anda memberikan uang untuk ongkos.

Baca juga: Ciri-ciri Teman yang Pelit.

4. Dilarang nonton TV

Beberapa orangtua melarang untuk menyalakan televisi dengan alasan menghemat listrik. Ini sebenarnya tindakan yang pelit. Televisi yang tidak pernah digunakan justru akan cepat rusak. Televisi bisa dinyalakan pada hari libur, ini jauh lebih tepat.

5. Dilarang jajan di luar

Menyiapkan bekal untuk menghemat uang, itu boleh saja. Tapi jika melarang semua anggota keluarga untuk jajan di luar, itu menunjukkan kalau Anda pelit. Semua orang bisa merasakan bosan dengan makanan rumah, jadi wajar saja jika sesekali keluarga Anda makan di luar.

Lakukan upaya penghematan mulai dari diri Anda sendiri. Dengan demikian, semua anggota keluarga lain pun akan ikut berhemat karena melihat usaha Anda.

(YG)

Comment di sini