Cara Merawat Bekas Operasi Caesar

by
December 5th, 2013 at 10:35 am

CiriCara.com – Sebagian wanita lebih memilih untuk melahirkan dengan metode operasi caesar. Banyak ibu yang melakukan operasi caesar agar anaknya bisa lahir pada tanggal yang sudah ditentukan, misalnya 12-12-2012.

ibu operasi caesar

Ibu dan bayi – Ist

Selain itu, ada juga ibu yang memilih operasi caesar untuk menghindari rasa sakit melahirkan secara normal. Namun umumnya, operasi caesar itu dilakukan karena adanya masalah kesehatan pada ibu maupun janinnya.

Walaupun proses melahirkan dengan operasi caesar lebih cepat, tapi proses penyembuhan luka operasi caesar bisa jauh lebih lama. Jika salah dalam perawatannya, luka bekas operasi caesar pun bisa infeksi.

Berikut ada beberapa cara merawat bekas luka operasi caesar yang perlu Anda perhatikan:

1. Kebersihan tubuh

Agar penyembuhan bekas operasi caesar bisa berlangsung cepat, Anda harus menjaga kebersihan tubuh. Bersihkan bekas operasi dengan cairan antiseptik dan antibiotik yang sudah disarankan oleh dokter. Jangan menyentuh bekas operasi dengan tangan yang kotor.

2. Cara berpakaian

Setelah operasi caesar, hindari pakaian yang ketat. Cobalah untuk mengenakan pakaian yang longgar hingga luka bekas operasi benar-benar kering. Pakaian atau cara mengikat perban yang terlalu ketat bisa membuat bekas operasi jadi iritasi.

3. Hindari pekerjaan berat

Selama bekas operasi belum sembuh, tidak boleh mengangkat beban berat karena bisa menekan perut Anda. Aktivitas berat seperti naik turun tangga juga bisa meningkatkan rasa sakit pada bekas operasi.

ibu mengandung

Ibu hamil – Ist

4. Makanan pantangan

Jauhi makanan yang menyebabkan sembelit, seperti daging merah, produk gula, produk susu, dll. Hindari juga makanan penyebab gas, seperti kol, brokoli, lobak, kembang kol, dan jamur. Makanan tersebut bisa memunculkan rasa sakit pada bekas operasi.

5. Kontrol ke dokter

Setiap kali ada masalah pada bekas operasi, segera konsultasikan ke dokter. Ikuti semua saran dari dokter dan minum obat sesuai anjuran agar luka operasi bisa cepat sembuh. Berkonsultasi dengan dokter juga bisa membuat ibu lebih merasa tenang.

Bekas operasi caesar akan cepat sembuh jika kebersihan tubuh Anda terjaga. Penerapan pola makan yang benar juga akan mempercepat proses penyembuhan operasi. Semoga bermanfaat.

(YG)

Comment di sini