Cara Nyaman Pakai Helm Untuk yang Berjilbab

by
December 5th, 2013 at 4:13 pm

CiriCara.com – Bagi sebagian wanita, menggunakan sepeda motor untuk beraktivitas setiap hari sudah menjadi kebutuhan. Tidak terkecuali bagi wanita-wanita muslim yang mengenakan jilbab ataupun kerudung.

cara memakai helm

Cara pakai helm berjilbab – Ist

Keamanan dalam berkendara harus menjadi perhatian penting para rider wanita. Kelengkapan safety riding, seperti memakai helm tetap harus dipatuhi para rider wanita yang berjilbab. Pemakaian helm ini sangat bermanfaat untuk melindungi kepala.

Baca juga: Cara Tepat Memilih Helm Berlabel SNI Asli.

Agar kepala tetap terasa nyaman saat memakai helm, berikut ada beberapa cara yang perlu diperhatikan bagi Anda para rider wanita yang berjilbab:

1. Model jilbab

Saat akan berkendara menggunakan sepeda motor, pilihlah model jilbab yang simpel dan sederhana. Hindari jilbab yang banyak menggunakan aksesoris, karena pemakaian helm yang baik dan benar adalah harus pas dengan bentuk kepala.

2. Ciput jilbab

Jangan pakai ciput terlalu panjang. Penggunaan ciput jilbab yang terlalu panjang akan mengganggu pandangan. Selain itu, kaca helm pun akan sulit ditutup karena terhalang oleh ciput tersebut. Sebaiknya hindari pemakaian ciput demi kenyamanan Anda.

3. Gunakan jaket

Agar jilbab tidak terbang saat berkendara, sebaiknya gunakan jaket. Masukkan setiap ujung jilbab agar tidak berterbangan saat diterpa angin. Jilbab yang berterbangan bisa mengganggu konsentrasi Anda dalam berkendara.

tidak pakai helm

Jangan ditiru – Ist

4. Pilih warna jilbab

Jika akan berkendara, pilih jilbab dengan warna soft seperti warna pastel. Hindari menggunakan jilbab warna hitam karena akan menyerap sinar matahari. Pemilihan warna ini bertujuan agar kepala Anda tidak mudah keringetan karena panas.

5. Dandan di tempat tujuan

Jika ingin menggunakan jilbab yang modis dengan sejumlah aksesoris, lebih baik Anda dandan setelah sampai di tempat tujuan. Saat berkendara, lebih baik gunakan jilbab yang simpel agar kepala tetap nyaman saat memakai helm.

Jangan jadikan jilbab sebagai alasan untuk tidak memakai helm. Kelengkapan safety riding sangatlah penting demi keamanan dan kenyamanan Anda selama berkendara.

(YG)

Comment di sini