Ruhut Sitompul dan Ahok Saling Perang Komentar

by
December 5th, 2013 at 8:54 am

CiriCara.com – Sepertinya Ruhut Sitompul tidak pernah berhenti untuk mengomentari kinerja Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama, yang baru setahun menjabat.

ruhut sitompul

Ruhut Sitompul – Merdeka.com

Ruhut Sitompul selalu merasa kalau janji-janji yang diberikan oleh kedua pemimpin Jakarta tersebut hanyalah omong kosong belaka. Ruhut menilai, selama setahun menjabat, pasangan Jokowi-Ahok belum menunjukkan kinerja yang baik untuk membenahi Jakarta, khususnya pada masalah banjir dan kemacetan.

Jika sebelumnya Ruhut “menembak” Jokowi sebagai sasaran kritiknya, kini giliran sang Wakil Gubernur, Ahok yang dikritik Juru Bicara Partai Demokrat tersebut. Ahok dinilai Ruhut terlalu banyak berkoar-koar ketimbang membuktikan hasil kerja nyata yang selama ini dijanjikan.

“Harusnya Ahok malu berkoar-koar, nyatanya di sidang (menerobos jalur transjakarta), hakim enggak tega memberi denda maksimal,” kata Ruhut di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (3/12/2013), seperti dikutip Kompas.com.

Ruhut juga menganggap kalau apa yang dikerjakan oleh Jokowi-Ahok hanyalah melanjutkan proyek dari Gubernur sebelumnya, Fauzi Bowo. Ruhut menilai tidak ada hal baru yang ditawarkan oleh Jokowi-Ahok untuk membenahi Jakarta, semuanya merupakan warisan Fauzi Bowo.

Menanggapi komentar Ruhut yang menyerang dirinya, Ahok hanya mengganggapi dingin komentar Ruhut. Menurutnya apa yang dikeluarkan dari mulut Ruhut tidak perlu ditanggapi dan dikomentari lebih lanjut.

“Soalnya kalau gue ngomong, dia kalah sama gue, itu mungkin. Makanya, dia suruh gue jangan koar-koar, entar Ruhut kalah lagi sama Ahok. Ha-ha-ha…,” kata Basuki, masih kepada sumber yang sama.

Selama ini Ahok selalu menanggapi santai setiap kritikan yang dilontarkan Ruhut, karena Ahok merasa memang itulah tugas pokok Ruhut Sitompul sebagai juru bicara partai. Ahok sudah mengenal dekat Ruhut sejak dirinya menjadi anggota Komisi III DPR RI dan sering duduk berdampingan saat rapat paripurna DPR.

Soal komentar Ruhut yang menyatakan kalau program kerja dirinya dengan Jokowi yang merupakan warisan Fauzi Bowo juga diiyakan oleh Ahok. Ahok mengakui beberapa program yang sedang mereka kerjakan sekarang adalah warisan dari Gubernur Jakarta terdahulu.

Tapi Ahok menegaskan kalau Gubernur terdahulu tidak punya nyali yang cukup untuk merealisasikan program-programnya, sehingga nasib Jakarta tidak ada perubahan saat dipegang oleh Foke.

“Pertanyaannya, lo (Ruhut) punya nyali tidak buat eksekusi rencana itu. Jagoan lo dulu (Foke) tidak punya nyali apa buat eksekusi program? Itu aja masalahnya,” tegas Ahok yang dikutip dari Merdeka.com.

Ahok dengan percaya diri juga membandingkan kinerjanya dengan Jokowi yang baru berumur setahun dengan hasil kerja Fauzi Bowo selama lima tahun menjabat. Ahok mengatakan sudah ada beberapa program jangka menengah dan program lain yang terealisasi.

ruhut sitompul vs jokowi

Ruhut Sitompul – Ist

“Kita bisa eksekusi beberapa program dalam setahun, kenapa jadi lu yang ribut? Udahlah kalau bicara sama Ruhut, saya enggak pernah menang lah, muter-muter terus,” tegasnya lagi.

Selain masalah banjir dan kemacetan yang selama ini disorot Ruhut, cita-cita Ahok untuk menjadi Presiden Indonesia pun ditanggapi dengan keras oleh Ruhut. Menurutnya selama ini Ahok mengkampanyekan transparansi keuangan kepada publik hanyalah sebagai pencitraan saja untuk melanggengkan keinginan Ahok menjadi Presiden.

Ruhut sebetulnya mendukung program Ahok tersebut, tapi karena merasa ada hal tersembunyi di belakangnya, Ruhut menjadi kurang respek dengan langkah Ahok tersebut.

“Menurutku perlu transparan, tapi kalau Ahok kan ada udang di balik bakso,” kata Ruhut kepada Kompas.com, 4 Desember 2013.

Ruhut juga meminta Ahok untuk sadar diri kalau ingin menjadi Presiden di negara ini. Menurut Ruhut, Ahok hanya seperti dirinya yang merupakan minoritas sehingga untuk maju sebagai Presiden, mustahil untuk dilakukan Ahok.

(AV)

Comment di sini