Cara Menyelamatkan Uang dari Sifat Boros

by
December 6th, 2013 at 2:40 pm

CiriCara.com – Wanita disebut-sebut sebagai sosok yang pandai dalam mengatur keuangan. Namun wanita juga lekat dengan kebiasaan berbelanja. Maka tak heran, kini kebanyakan pria mulai berpikir dua kali untuk menyerahkan keuangan kepada istrinya.

wanita bijak atur uang

Menyelamatkan uang – Ist

Hobi belanja sering membuat para wanita jadi lebih boros dibanding pria. Barang-barang seperti baju, kosmetik, dan sepatu menjadi barang yang paling sering dibeli wanita. Apakah Anda juga termasuk wanita yang boros?

Sebenarnya ada lima cara yang bisa Anda lakukan untuk mengamankan uang Anda dari pemborosan yang tidak perlu. Dengan cara-cara di bawah ini, dijamin keuangan Anda akan jauh lebih aman.

1. Punya dua tabungan

Agar gaji Anda tidak cepat habis, pisahkan uang gaji dalam dua tabungan. Satu tabungan untuk pribadi dan yang satunya lagi untuk tabungan uang kebutuhan sehari-hari. Cara ini membantu Anda supaya tidak belanja berlebihan.

2. Lebih selektif

Anda harus lebih selektif dalam membeli barang, pilih barang yang memang benar dibutuhkan. Saat diajak jalan ke suatu acara, lihat juga apakah acara tersebut bermanfaat atau tidak. Jika tidak bermanfaat lebih baik jangan ikut, karena acara seperti itu juga membutuhkan dana.

3. Batas maksimal

Tentukan berapa jumlah uang yang boleh digunakan dalam satu minggu. Penerapan batas maksimal pengeluaran ini akan membantu Anda dalam mengontrol penggunaan uang. Dengan kedisiplinan yang bagus, Anda pasti akan bisa menghemat pengeluaran.

tabungan

Menabung – Ist

4. Jangan berhutang/kredit

Berhutang atau mengkredit barang hanya akan menambah beban buat keuangan Anda. Sebaiknya jangan berhutang atau mengkredit barang jika memang masih belum mampu untuk membelinya.

5. Evaluasi pengeluaran

Cobalah untuk merinci berapa jumlah uang yang Anda keluarkan dalam satu bulan. Lihat dalam sektor mana pengeluaran Anda yang paling boros. Dengan cara ini, Anda bisa mengetahui keperluan apa yang harus dihemat.

Jadilah wanita yang bijak dalam menggunakan uang. Jangan habiskan hari ini karena masih ada hari esok.

(YG)

Comment di sini