Nelson Mandela Khas dengan Batik Indonesia

by
December 6th, 2013 at 1:26 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Mantan Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela diketahui kerap terlihat mengenakan kemeja batik. Tidak hanya dalam acara resmi, Mandela pun sering memakai batik di saat sedang bersantai.

nelson mandela

Nelson Mandela batik – Ist

Mandela pernah terlihat mengenakan batik saat melakukan kunjungan kenegaraan dan bertemu para pemimpin dunia. Seperti, Ratu Elizabeth II dan juga Presiden Indonesia Soeharto pada tahun 1997.

Mandela dengan bangga mengenakan kemeja batik khas Indonesia, sementara Soeharto sendiri malah tampil bergaya kebarat-baratan dalam balutan setelan jas. Hal ini membuat Mandela jadi terlihat seperti duta batik dunia.

Baca juga: Ahok: Selamat Hari Batik! Kita Sangat Bangga.

Menurut BBC Indonesia, Mandela mulai mengenal batik saat berkunjung ke Indonesia pada tahun 1990. Mandela yang saat itu sudah menjadi Presiden Afrika Selatan mendapat cinderamata berupa batik.

Sejak saat itu, Mandela yang akrab disapa Madiba memang kerap mengenakan batik dalam setiap aktivitasnya. Sebagian besar koleksi batik Mandela didominasi kemeja rancangan maestro batik Iwan Tirta.

Saat ini, Mandela yang berhasil meraih Nobel Perdamaian itu telah meninggal dunia, Kamis (5/12/2013) waktu setempat. Pencetus gerakan anti apartheid itu meninggal karena mengalami infeksi paru-paru.

Pengumuman meninggalnya Mandela langsung disampaikan oleh Presiden Afrika Selatan Jacob Zuma. Melalui siaran stasiun TV nasional Afrika Selatan, Zuma mengatakan bahwa Mandela telah “beristirahat dengan tenang.”

Terkait kabar duka tersebut, sejumlah pemimpin dunia pun menyampaikan ungkapan duka mereka untuk Mandela. Salah satu ungkapan duka itu disampaikan oleh Presiden Amerika Serikat Barack Obama.

(YG)

Comment di sini