Nelson Mandela Meninggal Dunia di Usia 95 Tahun

by
December 6th, 2013 at 8:53 am

Johannesburg (CiriCara.com) – Mantan Presiden Afrika Selatan, Nelson Mandela meninggal dunia pada usia 95 tahun, Kamis (5/12/2013) waktu setempat. Nelson meninggal setelah menjalani perawatan karena infeksi paru-paru sejak tiga bulan lalu.

nelson mandela meninggal

Nelson Mandela – Telegraph.co.uk

Kabar duka tersebut diungkapkan oleh Presiden Jacob Zuma melalui siaran stasiun TV nasional Afrika Selatan, seperti dilansir BBC, Jumat (6/12/2013) WIB. Dalam pengumumannya, Zuma mengatakan bahwa Mandela “pergi dengan damai”.

“Bangsa kami kehilangan putra terbaiknya (Nelson Mandela),” kata Zuma.

Pada September 2013, Mandela akhirnya pulang setelah menjalani perawatan intensif di rumah sakit di Johannesburg. Namun pada Rabu (4/12/2013) waktu setempat, kondisi Mandela kembali kritis dan akhirnya meninggal dunia pada Kamis malam.

Mandela adalah presiden berkulit hitam pertama di Afrika Selatan. Sebelum menjadi presiden, Mandela sempat ditahan selama 27 tahun karena berjuang untuk melawan apartheid di Afrika Selatan. Dia dipenjara di Robben Island.

Baca juga: Jokowi Disebut Mirip Nelson Mandela.

Mandela baru dibebaskan pada tahun 1990 dan akhirnya terpilih menjadi Presiden Afrika Selatan melalui pemilu multirasial pertama pada tahun 1994. Penyakit paru-paru yang dialami Mandela sudah terjadi sejak dia ditahan.

Meskipun demikian, Mandela hanya menjadi presiden untuk satu periode. Sesudahnya, Mandela mengabdikan diri sebagai negarawan yang berkeliling untuk memimpin kampanye melawan AIDS. Mandela akhirnya pensiun dari kegiatannya itu pada tahun 2004.

Atas perjuangannya untuk Afrika Selatan, Mandela pun terpilih menjadi pemenang Hadiah Nobel Perdamaian. Kini Mandela sudah menjadi salah satu orang yang dianggap paling berpengaruh di dunia.

“Ia (Mandela) adalah negarawan yang paling dikagumi dan dihormati di dunia dan salah satu manusia terbesar untuk berjalan di bumi ini,” kata Uskup Agung Desmond Tutu yang merupakan sesama peraih Nobel Perdamaian.

(YG)

Comment di sini