Para Pemimpin Dunia Berduka untuk Nelson Mandela

by
December 6th, 2013 at 11:21 am

Jakarta (CiriCara.com)Nelson Mandela adalah tokoh dunia yang sangat dikagumi oleh banyak pemimpin negara. Lelaki asal Afrika Selatan ini berhasil menghapuskan politik apartheid di Afrika Selatan dan mengubah pandangan dunia.

Nelson Mandela /

Nelson Mandela / Ist.

Tidak hanya warga negara Afrika Selatan yang berduka atas kepergiannya, berbagai pemimpin dari belahan dunia turut berdukacita karena meninggalnya tokoh internasional ini.

Misalnya saja, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBB, Ban Ki-moon mengungkapkan kepergian Mandela pada usia 95 tahun sebagai seorang inspirator kebebasan di seluruh dunia.

Selain Ban Ki-moon, Presiden Amerika Serikat, Barack Obama juga menyampaikan penghormatan terakhirnya untuk Nelson Mandela.

“Melalui martabat menyalanya dan hasrat lurusnya untuk mengorbankan kebebasannya sendiri untuk kebebasan yang lain, dia mengubah Afrika Selatan dan memajukan kita semua,” kata Obama dalam pidato yang disiarkan dari Gedung Putih, seperti dilansir dari Antaranews.com.

Sedangkan dari Australia, Perdana Menteri Tony Abbott juga mengataka abhwa Mandela adalah seorang tokoh yang sungguh hebat.

Dari Australia, Perdana Menteri Tony Abbott menyanjung Mandela sebagai  tokoh yang sungguh hebat di abad ke-20. Selain Abbot, mantan PM Australia, Malcolm Fraser juga menyampaikan rasa dukanya terhadap Mandela.

Sementara itu, Presiden Nigeria, Goodluck Jonathan juga menyampaikan pesan dukanya terhadap kepergian Mandela. Menurutnya, Mandela tidak akan pernah dilupakan karena ia adalah salah satu tokoh pembebas terbesar, pemimpin bijaksana, dan ikon untuk demokrasi.

Bill Clinton, mantan Presiden Amerika Serikat dikabarkan akan turut melayat ke Afrika Selatan. Ia juga menyampaikan rasa dukanya terhadap kepergian Mandela.

Ia menuturkan bahwa Mandela akan selalu dikenang sebagai salah sorang pembela martabat dan kebebasan manusia untuk perdamaian.

Mandela, tokoh anti apartheid ini meninggal dunia pada usia 95 tahun karena sakit menahun yang dideritanya. Dalam beberapa tahun terakhir ini, Mandela memang sering keluar masuk rumah sakit. (RN)

Comment di sini