Cara Aman Menyalip Kendaraan Untuk Pemula

by
December 10th, 2013 at 4:46 pm

CiriCara.com – Padatnya lalu lintas di Jakarta sering membuat para pengendara jadi emosi. Banyak pengendara yang akhirnya main serobot dan tidak memperdulikan bahayanya. Jika tidak berhati-hati, kecelakaan pasti terjadi.

menyalip mobil

Menyalip kendaraan – Ist

Melaju di belakang kendaraan yang jalannya pelan memang sangat mengganggu. Salah satu cara untuk menangani masalah ini adalah dengan cara menyalip kendaraan tersebut. Tapi, apakah Anda tahu cara menyalip kendaraan yang benar?

Baca juga: Cara Aman Berkendara Sepeda Motor Bagi Wanita.

Menyalip kendaraan yang berada di depan tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Sedikit saja kesalahan, maka resiko kecelakaan itu akan semakin besar. Untuk itu, pelajarilah cara menyalip yang aman berikut ini.

1. Kemampuan mesin

Sebelum menyalip, pastikan mobil Anda berada di putaran mesin pada torsi maksimum (3000 rpm). Hal ini dimaksudkan agar tarikan mesin tidak terasa berat saat menyalip kendaraan yang berada di depan Anda.

2. Kondisi jalan

Pastikan kondisi jalan di depan, di samping, dan di belakang Anda sedang kosong. Hal ini untuk menghindari terjadinya tabrakan saat Anda akan mencoba menyalip. Jangan sekali-kali main serobot karena bisa berbahaya.

3. Beri tanda

Untuk menyalip kendaraan yang berada di depan, Anda juga harus memberikan tanda untuk pengendara yang berada di belakang. Caranya adalah dengan menyalakan lampu sein kanan. Dengan demikian, pengendara di belakang tidak akan menabrak mobil Anda.

jakarta macet

Kemacetan di Jakarta – Ist

4. Jangan memaksa

Jika berpapasan dengan kendaraan yang berada di arah sebaliknya, sebaiknya Anda jangan menyalip. Hal ini bertujuan untuk menghindari terjadinya tabrakan. Jika Anda ragu-ragu, sebaiknya jangan menyalip.

5. Kembali ke jalur kiri

Jika sudah menyalip, segera nyalakan lampu sein kiri untuk kembali ke jalur kiri. Perhatikan posisi kendaraan di belakang Anda dengan cara melihat ke spion tengah. Usahakan mobil tetap seimbang saat menyalip.

Bagi Anda yang masih pemula, sebaiknya perhatikan lima cara di atas agar tetap aman saat berkendara. Gunakan jalur kanan jika ingin mendahului. Kenali juga karakter mobil Anda untuk mengukur kemampuan mobil saat dipacu untuk menyalip.

(YG)

Comment di sini