Cara Menjadi Pembeli yang Cerdas

by
December 10th, 2013 at 2:19 pm

CiriCara.com – Sembarangan dalam membeli suatu produk bisa membuat keuangan keluarga Anda boros. Pasalnya, saat ini banyak sekali barang-barang palsu yang beredar di pasaran. Jika tidak waspada, Anda bisa tertipu oleh barang palsu tersebut.

pembeli yang cerdas

Pembeli cerdas – Ist

Membeli barang palsu hanya akan membuat Anda rugi. Pasalnya, barang palsu itu lebih cepat rusak dan mempunyai kualitas di bawah standar. Akibatnya keuangan Anda pun akan lebih boros karena harus membeli barang yang baru.

Agar tidak tertipu oleh penjual nakal, maka jadilah pembeli yang cerdas. Menurut Menteri Perdagangan Gita Wirjawan berikut ada beberapa cara untuk menjadi konsumen atau pembeli yang cerdas:

1. Teliti sebelum membeli

Sebelum membeli ada baiknya Anda mencoba dulu barang tersebut, apakah masih berfungsi atau sudah rusak. Pada produk makanan, teliti dan lihat bagian kemasannya apakah ada yang rusak atau tidak. Ketelitian dalam membeli adalah cara untuk jadi konsumen cerdas.

2. Kartu garansi dan kadaluarsa

Pastikan semua barang yang akan Anda beli itu bergaransi. Semakin lama masa garansinya, maka semakin bagus. Saat membeli produk makanan, selalu lihat kode kadaluarsanya. Pilih makanan yang tanggal kadaluarsanya masih lama, agar bisa disimpan.

3. Mutu standar nasional dan internasional

Perhatikan kualitas dari barang yang akan Anda beli, apakah sudah sesuai standar nasional atau belum. Jika ingin kualitas yang lebih bagus, maka pilihlah barang yang sudah standar nasional dan internasional.

4. Beli sesuai kebutuhan bukan keinginan

Utamakan untuk membeli suatu produk yang memang sedang Anda butuhkan. Membeli barang yang diinginkan namun tidak dibutuhkan hanya akan membuang-buang uang Anda. Kebiasaan ini sering disebut sebagai cara belanja tidak efektif.

Dengan cara-cara di atas, menurut Gita, Anda tidak akan mengalami kebangkrutan dalam mengatur keuangan. Jadi konsumen yang cerdas akan sangat menguntungkan buat Anda. Semoga bermanfaat!

(YG)

Comment di sini