Lokasi Tabrakan KRL vs Truk dekat Tragedi Bintaro 1987

by
December 10th, 2013 at 10:28 am

Jakarta (CiriCara.com) – Tabrakan antara KRL 1131 Serpong-Tanah Abang dengan truk tangki pengangkut BBM milik Pertamina ternyata dekat dengan lokasi tragedi Bintaro 1987. Lokasi tabrakan KRL dengan truk itu hanya berjarak ratusan meter.

tabrakan kereta di bintaro

Tabrakan KRL dengan truk tangki – Ist

Tragedi Bintaro adalah peristiwa tabrakan antar kereta yang terjadi pada 19 Oktober 1987. Kecelakaan maut tersebut mengakibatkan 156 orang tewas dan sekitar 300 orang lainnya mengalami luka-luka.

“Lokasi kejadian Bintaro tahun 1987 hanya sekitar 500 meter dari lokasi kejadian tadi siang (kemarin-red),” kata Pamuji, petugas penjaga pintu perlintasan kereta Pesanggrahan, Bintaro, Jakarta Selatan, seperti dikutip dari Tribunnews.com, Senin (9/12/2013).

Tak heran, tabrakan KRL dengan truk tangki BBM Pertamina itu pun disebut sebagai tragedi Bintaro 2. Sebanyak 6 korban diketahui tewas dalam kecelakaan tersebut dan puluhan lainnya mengalami luka-luka.

Mengenai penyebab dari tabrakan tersebut, polisi menduga sopir truk tangki menyerobot jalur saat kereta akan datang. Pasalnya, saat itu palang pintu perlintasan kereta api belum tertutup secara sempurna.

Baca juga: Video: Tabrakan KRL dengan Truk Tangki Terjadi di Bintaro.

Menurut penuturan Pamuji, truk tangki Pertamina itu memang menyerobot jalur saat sirine peringatan kereta berbunyi. Karena sudah telanjur berada di tengah perlintasan kereta, Pamuji pun sempat mengarahkan sopir truk untuk terus maju.

Namun, truk tangki itu malah berhenti di tengah perlintasan sehingga tertabrak oleh kereta. “Saya tidak tahu itu mesin mobil (truk) mati atau tidak, yang pasti mobil itu berhenti di tengah jalur,” katanya.

Akibat insiden tabrakan ini, masinis dan juga teknisi KRL 1131 Serpong-Tanah Abang itu diketahui tewas. Sementara sopir truk dilaporkan hanya mengalami luka bakar dan masih menjalani perawatan di rumah sakit.

(YG)

Comment di sini