4 Cara Mudah Mengatasi Anak Manja

by
December 11th, 2013 at 10:58 am

CiriCara.com – Membuat anak menjadi seorang figur yang mandiri memang terkadang sulit. Karena mereka sangat dekat dengan orangtua, tak heran anak menjadi manja. Parahnya lagi, jika tidak terkontrol sifat manja anak ini akan terbawa dalam kehidupan mereka ke depan.

cara agar anak tidak manja

cara agar anak tidak manja / Ist.

Tentu sebagai orangtua, Anda tidak ingin melihat anak yang anda sayangi terus menerus manja. Mau tidak mau, Anda harus berusaha keras agar ia menjadi seorang sosok yang tahan banting.

Anda harus mengajari mereka bagaimana harus bersikap mandiri meski Anda sangat menyanyanginya. Bagaimana caranya?

Seperti dilansir dari Tribunnews.com, berikut langkah-langkah mudah yang bisa Anda ambil agar anak tidak lagi manja dan terlalu bergantung kepada Anda:

1. Biarkan ia melakukan kesalahan

Anak harus belajar dari kesalahan atau kegagalan yang ia buat. Misalnya saat anak Anda sedang belajar menyusn puzzle, jangan membantunya. Biarkan si anak melakukannya sendiri tanpa batuan siapapun karena hal ini merupakan proses pembelajaran baginya. Jika si anak tahu telah melakukan kesalahan, ia pasti akan mencoba lagi.

2. Ajari mereka mengatasi rasa kecewa

Anak Anda tidak hanya harus belajar soal menjadi mandiri namun juga cara mudah untuk mengatasi kekecewaan. Kekecewaan dan kesedihan adalah dua perasaan yang saling berkaitan.

Anak Anda tidak bisa mengatasinya dengan cara mereka sendiri, oleh karena itu sebagai orangtua Anda harus memberi mereka pengertian bagaimana menghadapi perasaan itu. Ajarilah mereka untuk menyadari bahwa perasaan gagal dan sedih adalah dua hal yang biasa di dalam hidup.

Baca jugaCara Mudah Mengatasi Anak Malas Sekolah

3. Biarkan mereka sendiri

Sebagai orangtua yang baik tentu Anda ingin agar anak senantiasa aman dan terhindar dari segala pengaruh buruk lingkungan bermainnya. Meski demikian, Anda tidak boleh terlalu protektif terhadap anak.

Biarkan mereka menikmati hidup mereka. Jadi, jangan terus menerus mengawasi mereka, terlalu membatasi pergaulan mereka, dan selalu membuntuti mereka kemanapun mereka pergi.

Dengan cara ini maka anak Anda bisa belajar untuk mengambil keputusan sendiri dan bersosialisasi dengan orang lain. Kedua hal ini tentunya sangat penting untuk melatih anak Anda belajar lebih mandiri.

4. Kendalikan anak Anda

Mengajari anak agar tidak manja

Mengajari anak agar tidak manja / Ist.

Anak yang sudah terbiasa manja pada Anda sebagai orangtua membuat Anda mudah sekali iba sehingga menuruti segala permintaannya. Untuk mendidik anak menjadi seorang pribadi yang mandiri, jadilah tegas dan jangan sekali-kali membiarkan anak memegang kendali atas diri Anda.

Jangan mudah menuruti apa yang ia minta, meskipun anak Anda merengek sekalipun. Andalah yang mengatur keuangan dan menentukan barang kebutuhan anak Anda. (RN)

Comment di sini