7 Kesalahan Umum Saat Mencuci Pakaian

by
December 11th, 2013 at 3:53 pm

CiriCara.com – Jangan sekali-kali meremehkan tugas mencuci pakaian karena saat Anda salah mencuci, pakaian bukannya menjadi bersih justru menjadi rusak dan pudar karena teknik mencuci yang salah.

Kesalahan mencuci pakaian

Kesalahan mencuci pakaian / Ist.

Karena itu, kenali lebih dulu kesalahan umum yang biasanya secara tak sadar sering Anda lakukan saat mencuci yang dilansir dari Wolipop sebagai berikut ini:

1. Pakaian jadi mengkerut

Tak heran setelah mencuci pakaian Anda, pakaian sering mengecil terutama pakaian yang terbuat dari bahan wol seperti sweater.

Untuk menghindari masalah ini, jangan merendam pakaian Anda dengan air panas dan meninggalkan sweater di mesin pengering telalu lama jika Anda mengeringkannya dengan mesin cuci.

Cara untuk membenarkan kembali pakaian yang mengkerut atau mengecil sebenarnya cukup mudah. Tinggal masukkan saja tiga sendok kondisioner rambut ke dalam air yang bersuhu sedang. Rendam pakaian Anda yang mengecil kedalamnya. Setelah itu, tarik dan bentuk kembali ke ukuran semula lalu keringkan di atas handuk.

2. Pakaian menjadi kusut

Pakaian yang kusut bisa terjadi karena Anda meninggalkan baju pada mesin pengering terlalu lama. Untuk menghilangkan kusut itu, Anda tinggal memasukkannya ke dalam mesin mengering bersama dengan handuk yang basah.

3. Baca petunjuk

Pernahkah Anda memperhatikan secara detail petunjuk pencucian yang tertera pada label baju atau kaos Anda? Jika tidak, maka Anda telah melakukan kesalahan besar.

Tidak semua baju bisa dicuci dengan suhu yang sama atau diperlakukan sama dengan baju lainnya terutama jika baju tersebut terbuat dari bahan-bahan seperti sutra. Akibatnya, baju akan menjadi pudar, kusut, dan robek.

4. Sabun cuci terlalu banyak

Agar pakaian wangi dan terkesan bersih tak jarang kita menambahkan banyak sekali sabun cuci ke dalam air rendaman atau mesin cuci. Tindakan ini sebenarnya sangat salah karena bsia membuat baju kusam dan mesin cuci rusak.

5. Tidak memisahkan pakaian

Mencuci pakaian

Mencuci pakaian / News.com.au

Seringkali saat terburu-buru, kita menyatukan semua pakaian dalam satu rendaman tanpa menyeleksi warnanya terlebih dulu. Banyak orang mengalami kelunturan pada baju mereka akibat langkah yang salah seperti ini. Sebaiknya sebelum Anda mencuci, pisahkan cucian antara yang berwarna dan putih.

6. Tidak memeriksa kantong dan menutup resleting

Dua hal ini juga merupakan kesalahan yang terjadi saat mencuci pakaian. Akibatnya seringkali, uang atau kertas di kantong celana dan baju ikut tercuci dan menempel di baju setelah kering. Reselting pakaian juga perlu ditutup agar tidak mudah robek.

7. Memaksakan mencuci semua pakaian

Kesalahan terakhir ini mungkin sering Anda lakukan saat mencuci dengan mesin cuci. Memaksakan semua pakaian ke dalam mesin cuci hingga penuh. Akibatnya tentu saja kerja mesin cuci menjadi tidak maksimal malah pakaian Anda menjadi lebih kotor. Selain itu, mesin cuci Anda juga akan cepat rusak. (RN)

Comment di sini