Jokowi Masuk Daftar Tokoh Terkemuka Dunia 2013

by
December 11th, 2013 at 4:20 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Sebuah majalah asal Amerika Serikat, Foreign Policy telah merilis daftar The Leading Global Thinkers of 2013 versi pembaca. Di antara tokoh yang ada, nama Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo juga masuk dalam daftar tersebut.

joko widodo

Jokowi Foreign Policy- Majalah

Dalam keterangan yang dilansir situs foreignpolicy.com, Joko Widodo atau yang akrab disapa Jokowi itu masuk dalam kategori tokoh dengan gebrakan baru (Challengers) lewat aksi “blusukan”-nya. Terdapat 13 tokoh lain di kategori yang sama.

Pada keterangan singkat tentang profil Jokowi, Foreign Policy menyebutkan bahwa Jokowi merupakan pemimpin yang sederhana. Jokowi juga dikenal sebagai seorang pemimpin yang mau turun langsung untuk bertemu warganya.

Foreign Policy juga mengungkapkan bahwa Jokowi adalah pemimpin yang langsung mengambil tindakan untuk mengeksekusi sejumlah proyek pembangunan di DKI Jakarta. Jokowi menjadi tokoh yang sangat populer dan bahkan disebut-sebut sebagai kandidat kuat untuk menjadi calon presiden Indonesia.

Selain Jokowi, nama Edward Snowden juga masuk dalam daftar 100 tokoh terkemuka dunia tahun 2013. Snowden yang merupakan mantan kontraktor Badan Keamanan Nasional AS (NSA) itu mendadak terkenal setelah membocorkan sejumlah aksi penyadapan yang dilakukan AS terhadap negara lain.

Blogger belia asal Pakistan, Malala Yousafzai juga masuk dalam daftar tersebut. Malala merupakan blogger yang menyuarakan perdamaian di Pakistan. Karena aksinya itu, Malala pun sempat ditembak oleh orang tidak dikenal.

Menurut informasi yang dihimpun, mantan Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati juga pernah dinobatkan sebagai tokoh terkemuka dunia pada tahun 2012 lalu.

(YG)

Comment di sini