Video: Kuis Kebangsaan WIN-HT Diduga Settingan

by
December 11th, 2013 at 2:21 pm

Jakarta (CiriCara.com) – Sejumlah pengguna media sosial mengaku menemukan sejumlah kejanggalan dalam acara “Kuis Kebangsaan WIN-HT” yang tayang di RCTI. Banyak yang menduga bahwa kuis tersebut sudah disetting agar semua peneleponnya bisa menjawab.

kuis kebangsaan

Kuis Kebangsaan – Ist

Kuis dengan kata kunci “Bersih, Peduli, Tegas” itu diduga hanya merupakan salah satu cara yang digunakan pasangan calon Presiden RI, Wiranto-Hary Tanoe untuk menarik simpati masyarakat. Hal ini diungkapkan oleh salah satu akun media sosial Kaskus.

“Dari awal ane udah tau klo orientasi acara ini memang bukan kuis tp kampanye! awalnya aja udah tipu2 apalagi ntar klo udah jadi (presiden),” tulis komentar akun bernama Valach, Selasa (10/12/2013) kemarin.

Dalam sebuah video yang heboh di Twitter, seorang penelepon kuis terdengar memberikan jawaban terlebih dahulu tanpa adanya pertanyaan dari host.

“Huruf apa pak?” tanya Tifanny yang saat itu menjadi pembawa acara.

“A. Istana Maimun,” kata penelepon bernama Syaifudin dari Trenggalek, Jawa Timur.

“Bukan, Pak. Ini dia nih. Bapak boleh pilih huruf (W, I, N, H, T) yang ada di sebelah saya. Silakan,” kata Tifanny.

Setelah sempat kebingungan, Syaifudin pun akhirnya memilih huruf H. Dan anehnya, jawaban Syaifudin itu ternyata sesuai dengan pertanyaan yang akan diberikan.

“Istana yang menjadi salah satu ikon Kota Medan dan dibangun pada tahun 1988 adalah?” Di bawah pertanyaan ini terdapat tiga pilihan jawaban, yaitu: A. Istana Maimun, B. Gedung Sate, C. Museum Gajah.

Berikut ada dua video kejanggalan dari “Kuis Kebangsaan WIN-HT” yang diunggah oleh pengguna media sosial:

Meskipun demikian, pihak penyelenggara kuis membantah adanya pengaturan. Mereka mengaku hanya melakukan simulasi dengan penelpon sebelum menayangkan secara langsung. Mereka membantah telah memberikan bocoran jawaban kepada penelpon.

(YG)

Comment di sini