Cara Aman Terobos Banjir Agar Tidak Mogok

by
December 12th, 2013 at 3:45 pm

CiriCara.com – Saat ini sudah memasuki musim hujan. Bagi pengendara sepeda motor, hujan selalu menjadi hal yang mengganggu. Apalagi jika hujan itu sudah mengakibatkan genangan air atau banjir di sejumlah jalan.

menerobos banjir

Menerobos banjir – Ist

Melewati jalanan yang banjir bisa mengakibatkan mesin motor mati atau mogok. Jika mesin sampai kemasukan air, maka terpaksa Anda harus membongkar dan membersihkannya di bengkel terdekat.

Sebenarnya masalah motor mogok karena banjir itu bisa dihindari. Namun, butuh trik khusus untuk mencegah agar mesin motor tidak terendam air. Mau tahu cara aman terobos banjir agar tidak mogok?

1. Teliti memilih jalur yang akan dilintasi

Pilih jalur yang genangan airnya tidak terlalu tinggi. Sebelum melewati jalur tersebut, lebih baik Anda melihat pengendara lainnya dulu. Apakah jalur yang dilalui pengendara pertama tadi genangan airnya dalam atau dangkal. Jika dangkal Anda bisa mengikuti dari belakang.

2. Jangan berhenti di tengah banjir

Saat menerobos banjir, sebaiknya motor jangan sampai berhenti. Jika motor berhenti, kemungkinan mesin kemasukan air itu semakin besar. Pacu terus motor Anda dengan gas yang stabil, tidak naik turun.

3. Posisikan pada gigi satu

Gunakan gigi satu agar tarikan motor lebih enteng saat menerobos banjir. Hal ini menghindari adanya air yang masuk melalui knalpot. Tahan gas pada posisi yang sama, jangan sampai turun karena air bisa masuk ke mesin.

Ilustrasi Motor Sport Kebanjiran4. Hindari genangan dengan arus deras

Perhatikan seberapa besar arus banjir di jalan yang akan Anda lalu. Terus jaga keseimbangan Anda agar tidak terbawa arus atau terjatuh. Gelombang air yang disebabkan oleh pengendara lain juga bisa menghambat Anda. Karenanya, Anda tetap harus waspada.

5. Pilih jasa ojek gerobak

Jika kondisi genangan air sudah parah, lebih baik Anda gunakan jasa ojek gerobak. Dengan menggunakan jasa ojek gerobak ini, mesin sepeda motor Anda akan aman dari ancaman kemasukan air.

Musim hujan memang identik dengan banjir, terutama di kota-kota besar seperti Bandung dan Jakarta. Bagi Anda para pengendara sepeda motor, selalu siapkan jas hujan agar tidak kehujanan di jalan.

(YG)

Comment di sini