Cara Menilai Orang Lain Menunjukkan Kepribadian Kita

by
December 12th, 2013 at 2:56 pm

CiriCara.com – Ternyata penilaian yang kita berikan kepada orang lain menunjukkan kepribadian kita yang sebenarnya. Ini bukan sekedar pernyataan namun juga hasil dari kaji ilmiah yang dilakukan oleh seorang profesor.

Kepribadian dari cara menilai orang lain

Kepribadian dari cara menilai orang lain / Ist.

Dilansir dari Kompas.com, Dustin Wood, PhD yang berasal dari Wake Foret University mengatakan kepada WebMD bahwa persepsi atau pandangan atau penilaian kita terhadap orang lain akan menceritakan diri kita sebenarnya.

Misalnya saja saat kita menilai orang lain dengan penilaian positif maka kita telah menunjukkan sisi positif pada diri kita.

Selain itu, menurut penelitian Wood yang diterbitkan pada Journal of Personality and Social Psychology ini mengatakan bahwa penilian negatif terhadap orang lain bisa menunjukkan sisi negatif dalam diri kita.

Penelitian ini dilakukan terhadap mahasiswa yang diminta untuk menggambarkan karakter positif dan negatif temanptemannya. Hasilnya, para peneliti mendapati bahwa adanya ikatan kuat penilaian positif sesorang terhadap kebahagiaan dan emosional positif orang itu sendiri.

Menurut penelitian itu juga, tingkat kepuasanan hidup seseorang juga bisa dilihat dari caranya menilai orang lain. Artinya, semakin positif ia menilai seseorang maka kepuasan hidupnya juga akan meningkat. Begitu pula sebaliknya.

Sedangkan pandangan negatif terhadap orang lain berhubungan dengan tingkat narsisme dan sikap antisosial seseorang. Sikap ini juga berkaitan dengan depresi serta kepribadian yang beraneka ragam. Misalnya orang yang menilai negatif orang lain cenderung memiliki sifat keras kepala, tidak bahagia, dan berkepribadian negatif.

Karena itu, jika Anda ingin sekali dinilai baik oleh orang lain maka mulai dari sekarang berpikirlah positif tentang orang lain yang Anda kenal. (RN)

Comment di sini