Cara Atur Keuangan Keluarga Penghasilan Tak Tetap

by
December 13th, 2013 at 2:38 pm

CiriCara.com – Setiap keluarga mempunyai jumlah penghasilan yang berbeda-beda. Ada keluarga yang punya penghasilan tetap setiap bulannya dan ada juga yang tidak tetap, kadang dapat banyak dan kadang dapat sedikit.

penghasilan tidak pasti

Penghasilan tak tetap – Ist

Mengatur keuangan keluarga dengan penghasilan tak tetap itu memang lebih sulit. Karena Anda tidak bisa mengatur keuangan jangka panjang. Terkadang, untuk mengatur keuangan hari ini pun Anda masih kesulitan.

Keluarga yang berpenghasilan tidak tetap sebenarnya masih punya kesempatan untuk hidup sejahtera. Tergantung bagaimana cara mereka dalam mengatur keuangan.

Berikut ada beberapa cara atau tips yang bisa dicoba untuk mengatur keuangan bagi yang berpenghasilan tidak tetap:

1. Jangan lupa menabung

Saat Anda mendapatkan penghasilan lebih banyak dari hari sebelumnya, cobalah untuk menyimpan uang kelebihan tersebut. Uang itu bisa digunakan saat tidak ada pemasukan. Jangan sampai saat Anda dapat uang lebih malah berfoya-foya.

2. Belajar hidup hemat

Anak menjadi bagian dari keluarga yang sangat berpengaruh. Terkadang keinginan mereka sangat banyak, mulai dari makan enak, mainan, dan juga baju baru. Agar keuangan Anda tidak jebol, cobalah untuk ajarkan anak Anda cara hidup hemat.

3. Makan bersama

Jangan biasakan untuk makan di restoran. Masakan rumah juga akan terasa lebih nikmat jika Anda menyantapnya bersama dengan keluarga. Terbukti, masak sendiri lebih irit dibanding membeli makanan di luar.

tips keuangan

Menatur keuangan keluarga – Ist

4. Prediksi pengeluaran

Perkirakan jumlah pengeluaran Anda untuk bulan depan, mulai dari biaya sekolah, sewa rumah, dan sejumlah kebutuhan lainnya. Dengan demikian Anda bisa mengetahui berapa jumlah uang minimal yang harus didapat. Cara ini juga akan mencegah uang terbuang untuk hal yang tidak perlu.

5. Dana cadangan

Meskipun Anda tidak punya penghasilan pasti, keluarga tetap harus punya dana cadangan. Dana tersebut bisa digunakan untuk kebutuhan mendesak seperti, sakit, ibu melahirkan, dan kecelakaan. Caranya adalah dengan menyisihkan sedikit uang dari total penghasilan Anda.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatur keuangan bagi keluarga yang tidak punya penghasilan tetap. Pola hidup yang sederhana akan membuat Anda menjadi orang yang lebih bersyukur.

(YG)

Comment di sini