Cara Agar Cat Mobil Tetap Berkilau

by
December 16th, 2013 at 4:20 pm

CiriCara.com – Perawatan mobil bukan hanya soal mesin dan bagian dalam saja. Eksterior mobil juga perlu diperhatikan agar cat dan body mobil tetap mulus. Jika tidak dirawat dengan baik, cat mobil akan cepat pudar dan bahkan muncul retakan-retakan pada body mobil.

cara mencuci mobil

Mencuci mobil – Ist

Kebersihan dan kemulusan mobil sering dikaitkan dengan kepribadian si pengendaranya. Semakin mulus mobilnya, maka semakin baik kesan orang yang mengendarainya. Bagaimana dengan kondisi mobil Anda?

Perubahan cat mobil bisa disebabkan oleh beberapa faktor, yakni paparan ultraviolet dan juga bahan kimia. Kotoran hewan dan garam yang menempel di body mobil pun juga bisa merusak cat. Tidak mau cat mobil Anda rusak? Berikut cara merawat cat mobil agar tetap berkilau.

1. Cuci secara berkala

Untuk membersihkan bahan kimia yang menempel pada body mobil, tentunya Anda harus mencucinya. Pencucian mobil secara berkala ini sangat berguna untuk mencegah penumpukan bahan kimia di body mobil.

2. Pakai sabun khusus

Mencuci mobil tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Anda harus menggunakan sabun khusus untuk mobil, jangan pakai air panas, dan cuci mobil Anda di tempat yang teduh. Sinar matahari akan membuat air sisa pencucian jadi cepat kering dan membekas di body mobil.

3. Pilih lokasi parkir

Pilih lokasi parkir yang teduh atau terlindungi dari sinar matahari. Terlalu banyak terpapar sinar matahari bisa membuat cat mobil Anda jadi cepat rusak dan bahkan retak-retak. Selain itu, ruangan di dalam mobil pun akan terasa panas saat baru akan dinyalakan.

Mobil mewah - World Cars Viewers4. Sarung penutup

Jika mobil harus diparkir di luar ruangan, sebaiknya tutupi dengan sarung mobil. Selain untuk mencegah kotoran menempel pada body mobil, cara ini juga ampuh untuk menghindari tindakan aksi baret mobil oleh orang tak dikenal.

5. Segera lakukan perbaikan

Jika ada retakan pada body mobil, sebaiknya segera lakukan perbaikan. Jika tetap dibiarkan, kerusakan itu bisa merembet ke bagian lain. Hal ini tentu akan merusak tampilan kendaraan kesayangan Anda itu.

Itulah beberapa cara yang bisa diterapkan untuk merawat cat mobil agar tetap berkilau. Semoga dengan cara-cara di atas, cat mobil Anda bisa tetap berkilau dan selalu terlihat seperti baru.

(YG)

Comment di sini