Cara Alami Obati Batuk Kering

by
December 16th, 2013 at 11:14 am

CiriCara.com – Batuk menjadi salah satu masalah kesehatan yang sering muncul di saat musim hujan seperti sekarang ini. Lemahnya daya tahan tubuh membuat seseorang jadi mudah terkena serangan penyakit seperti batuk.

batuk kering

Batuk kering – Ist

Batuk sendiri mempunyai dua jenis, yakni batuk berdahak dan batuk kering. Dan kali ini kita akan membahas masalah batuk kering yang sering membuat orang merasa tidak nyaman. Penderita batuk kering akan merasa tenggorokannya gatal dan kering seperti gurun pasir.

Batuk kering ini jauh lebih menyebalkan ketimbang batuk berdahak. Bahkan, batuk kering yang sudah parah bisa sampai mengeluarkan darah. Berikut ada beberapa cara alami yang bisa Anda coba.

1. Minum air putih

Air putih akan membantu meredakan rasa gatal dan kering pada tenggorokan. Memperbanyak minum air putih akan mengurangi terjadinya lecet pada tenggorokan.

2. Wedang jahe

Selain bisa menghangatkan tubuh, wedang jahe juga bisa digunakan untuk mengatasi batuk kering. Wedang jahe membuat tenggorokan jadi terasa hangat dan meredakan rasa sakit.

3. Makan permen

Beberapa permen juga bermanfaat untuk meredakan batuk kering. Cari permen herbal yang punya efek melegakan tenggorokan. Tapi, jangan terlalu banyak makan permen karena gulanya buruk bagi kesehatan Anda.

4. Minum teh herbal

Minum teh herbal akan membantu mencegah infeksi pada tenggorokan. Teh herbal hangat akan membunuh bakteri-bakteri di tenggorokan, sehingga batuk tidak akan berubah jadi tambah parah.

5. Rebusan kayu manis

Rebusan kayu manis juga bermanfaat untuk mengobati dan meringankan sakit tenggorokan penyebab batuk. Campuran rebusan kayu manis, sedikit gula, dan garam akan melegakan tenggorokan.

Itulah beberapa cara alami yang bisa Anda coba untuk mengatasi batuk kering. Semoga dengan cara-cara tersebut batuk Anda bisa segera sembuh.

(YG)

Comment di sini